Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Des 2020 20:18 WIB

TRAVEL NEWS

Menparekraf Ingatkan Badan Otorita Berperan dalam Wisata Berkualitas

Menparekraf
Menparekraf Wishnutama saat memberikan pengarahan (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengingatkan bahwa Badan Otorita juga turut berperan dalam mengembangkan Quality Tourism.

Hingga saat ini pandemi Corona di Indonesia belum selesai. Selama itu juga, sektor pariwisata harus berjuang mati-matian untuk bertahan. Menparekraf Wishnutama pun meminta agar setiap destinasi wisata tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada.

Ia menjelaskan pandemi COVID-19 mengubah paradigma masyarakat. Di mana faktor kesehatan keamanan dan keselamatan menjadi pertimbangan dalam berwisata. Oleh karena itu, kementerian mengubah strategi pendekatan pariwisata yaitu quality tourism.

"Perubahan strategi Kemenparekraf sebelum pandemi yaitu membuktikan kualitas daripada kuantitas," kata Wishnutama saat memberikan arahan melalui zoom dalam acara Rapat Koordinasi Badan Otorita Pariwisata, Rabu (2/12/2020).

Ia menjelaskan, dalam membangun quality tourism banyak aspek yang harus dipersiapkan. Seperti membangun konektivitas yang harus dapat bersaing dengan konektivitas di negara tetangga kita. Selain itu setiap destinasi wisata harus memberikan pengalaman yang unik.

"Dalam menciptakan pengalaman yang unik ini yang sangat penting mempertahankan budaya setempat kearifan lokal setempat tradisi-tradisi setempat. Hal itu adalah hal yang sangat menarik untuk wisatawan mancanegara," paparnya.

Ia pun meminta agar kearifan lokal terutama di wilayah kerja Badan Otorita. Sehingga, menurutnya, quality tourism bukan hanya bicara gedung pencakar langit.

"Kita harus mempertahankan kebudayaan kearifan lokal di masing-masing destinasi. Khususnya di badan otorita. Sehingga quality tourism bukan hanya bicara gedung pencakar langit. Keunikan sesuatu yang pengelaman berbeda itu menjadi sesuatu penting," tegasnya.

Menurutnya, Badan Otorita Pariwisata punya peranan penting untuk mengembangkan quality tourism.

"Badan Otorita memegang peranan penting berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait, asosiasi industri, akademisi, media, komunitas dan mengembangkan quality tourism," sebutnya.

Selain itu, Badan Otorita Pariwisata juga punya tugas untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat di sekitar destinasi pariwisata.

"Saya ingatkan, pembangunan pariwisata harus memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian masyarakat di destinasi pariwisata. Itu tugas utama badan otorita," pungkas Wishnutama.



Simak Video "Pesan Sandiaga ke Wishnutama Usai Tak Lagi Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA