Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Des 2020 20:04 WIB

TRAVEL NEWS

Belajar Kilat Bahasa Minang dari Kata-kata Ini

Syanti Mustika
detikTravel
Sejumlah pengunjung menikmati kawasan Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat, Senin (25/5/2020). Meskipun masih dalam masa PSBB hingga 29 Mei 2020, objek wisata aikonik di Sumbar itu masih dikunjungi pengunjung. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Ragam bahasa daerah yang dimiliki Indonesia, salah satunya bahasa Minang. Kamu bisa nih belajar kilat dari kalimat berikut.

Suku Minang adalah salah satu suku besar yang tersebar di Indonesia. Kebiasaan orang Minang merantau membuat mereka mudah ditemukan di mana pun. Orang Minang sangat mudah dikenali paling tidak dari logat saat mengucapkan bahasa Minang.

Sumatera Barat yang menjadi rumahnya orang Minang juga punya kekayaan kuliner dan wisata yang patut dikunjungi. Nah untuk kamu yang ingin tahu dasar-dasar bahasa Minang mudah sebelum berlibur ke Sumatera Barat, detikcom udah rangkum nih kata-katanya.

Berikut kata dan kalimat sederhana bahasa Minang yang bisa kamu hafal.


1. Uda/ Uni

Uda atau Uni adalah panggilan yang digunakan dalam keseharian di Minang. Dalam bahasa Minang, uda digunakan untuk laki-laki yang umurnya lebih tua atau sederhananya berarti abang. Dan uni untuk panggilan perempuan atau sederhananya kakak.

Traveler juga akan sering mendengar kata ang atau angku saat berada di Sumatera Barat. Bahasa Minang ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah akrab atau seumuran. Kata ang atau angku artinya kamu.

Namun, secara umum traveler tidak disarankan untuk mengucapkan itu dalam bahasa Minang karena ada beberapa orang yang menganggap itu kasar.

2. Awak/ Denai

Dalam Bahasa Minang, awak atau denai artinya saya. Bisa traveler gunakan sebagai kata untuk menyebut diri sendiri jika tidak menggunakan nama.

Contoh: awak dari Jakarta (Saya dari Jakarta).

3. Kama, dima, manga, sia

Kama merupakan bahasa Minang dari kata ke mana. Dima artinya dimana dan manga artinya ngapain'. Dan kata sia artinya siapa.

Contoh penggunaannya, kama tu? (Ingin kemana?), dima bali baju? (dimana beli baju?), manga ka sinan? (ngapain kamu ke sana/ ada perlu apa ke sana?), sia namo kawan ang tadi tu?(siapa nama teman kamu?).


4. Kalimat untuk menawar

Tidak lengkap bila jalan-jalan ke Ranah Minang tanpa pulang dengan membawa oleh-oleh. Traveler harus menawar harga di sana karena orang Minang dikenal dengan kemampuan tawar-menawarnya yang luar biasa.

Kamu bisa gunakan kalimat-kalimat dalam Bahasa Minang ini.

Bara ko ni/da? (berapa harganya bang/kak?)
kuranglah, maha bana (kurangin dong, terlalu mahal)
awak niyo sagiko (saya mau harganya segini )
awak samo awak jan maha-maha bana (sesama kita jangan mahal-mahal dong).

Selanjutnya: Kalimat Bahasa Minang yang digunakan di tempat makan

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lebih 36 Ribu Vaksin Tiba di Sumbar, Dikawal Polisi Bersenjata"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA