Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Des 2020 22:03 WIB

TRAVEL NEWS

Jam Rolex KW Senilai Rp 353 Miliar Disita di Bandara

Rolex GMT Master II with Diamond Ruby Sapire
Foto: Ilustrasi jam Rolex (ist)
Kentucky -

Peredaran barang KW rupanya tak cuma terjadi di Indonesia, Amerika Serikat juga menghadapi masalah serupa. Jam Rolex KW senilai Rp 353 miliar pun disita.

Barang palsu dan tiruan alias barang KW ternyata juga jadi masalah besar yang dihadapi negara Paman Sam. Setiap tahun, barang KW selundupan selalu lolos bisa masuk ke Amerika Serikat.

Namun kali ini, otoritas Bea Cukai Amerika Serikat tidak kecolongan. Mereka berhasil menyita jam Rolex KW senilai USD 25 juta (setara Rp 353 miliar) di bandara Kentucky.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Sabtu (5/12/2020), total ada 1.280 jam Rolex KW yang berhasil diamankan oleh petugas Bea dan Cukai setempat. Jam-jam KW tersebut rencananya akan dikirimkan menuju ke Salt Lake City.

Namun sebelum berhasil dikirim, petugas sudah mengendusnya duluan. Akibatnya, penyelundupan jam Rolex KW itu pun terbongkar oleh para petugas. Barang-barang KW tersebut diketahui dikirim dari Hong Kong.

Thomas Mahn, Direktur Pelabuhan untuk Louisville mengatakan penting bagi calon konsumen untuk mengetahui dari mana mereka membeli barang sebelum memberikannya sebagai kado untuk orang tersayang.

"Selama musim liburan ini, konsumen selalu mencari harga terbaik. Sayangnya, penjahat selalu mencoba untuk mencari keuntungan dengan produk tiruan dan palsu," jelas Mahn.

Untuk barang KW, jam tangan dan perhiasan merupakan barang yang paling sering ditemukan tiruannya. Termasuk juga ada dompet, tas, sepatu dan aneka aksesoris lainnya.

Barang tiruan bisa melemahkan ekonomi karena mengambil uang-uang yang seharusnya masuk ke perusahaan yang legal. Akibatnya perusahaan itu bisa mengalami kerugian, profitnya turun dan bisa saja membuat orang kehilangan lapangan pekerjaan.

Bea Cukai AS sendiri setiap tahunnya menyita barang-barang KW kiriman dari seluruh penjuru dunia yang masuk ke AS. Nilainya tahun lalu jika dikombinasikan mencapai USD 1,5 miliar. Sungguh sebuah nilai yang fantastis untuk barang-barang KW hasil sitaan.



Simak Video "Dalam 11 Hari, BNN-Bea Cukai-Polri Amankan 85 Kg Sabu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA