Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Des 2020 21:52 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Pertama Gunung Everest, Doug Scott Meninggal Dunia

Makanan di Gunung Everest
Gunung Everest (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pendaki pertama Gunung Everest, Doug Scott meninggal dunia di usia 79 tahun. Ia jadi salah satu ikon atau legenda pendakian. Mari mengenalnya.

Diberitakan CNN, Selasa (8/12/2020), Scott merupakan bagian dari tim Inggris pertama yang mencapai puncak Gunung Everest. Tim ini mendaki melalui sisi barat daya.

Scott menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya untuk membantu orang-orang di Himalaya. Ia telah mendirikan organisasi amal Community Action Nepal (CAN) pada tahun 1989.

Organisasi bentukan Scott ini berupaya untuk mendukung komunitas lokal. Komunitas ini mengonfirmasi kematiannya dalam tweet pada hari Senin. Laporan dari media Inggris mengatakan bahwa Scott telah berjuang melawan kanker dalam waktu yang cukup lama.

"Dengan berat hati kami memberi tahu Anda bahwa pendiri dan teman baik kami, Doug Scott, meninggal dalam damai pagi ini, di rumahnya dengan keluarga di sekitarnya," tulisnya.

"Kami meminta privasi saat ini, tetapi akan membuat pengumuman lengkap dan tepat dalam beberapa hari mendatang. Terima kasih semuanya," tambahnya.

Scott adalah sosok ikonik dan merupakan bagian dari ekspedisi Chris Bonington yang terkenal di Gunung Everest. Ekspedisi ini dilakukan pada tahun 1975.

Bersama dengan Douglas Haston, tim ini mencapai puncak melalui rute yang terkenal sulit di sisi barat daya.

Scott dikenal sebagai pendaki yang berstamina fisik dan mental yang kuat. Ia mampu mencapai puncak tertinggi di tujuh benua dalam karir yang luar biasa dan sering melakukannya tanpa menggunakan oksigen buatan.

Pendaki Doug ScottPendaki Doug Scott (Foto: CNN)

Total, Scott telah melakukan 45 ekspedisi di Asia dan mencapai puncak dari 40 puncak di wilayah tersebut.

"Saya telah terpikat berkali-kali ke Nepal, karena lanskap Himalaya dan orang-orang pegunungannya. Orang-orang di sana lebih dari sekadar pegunungan yang membawa pengunjung kembali ke Nepal," kata Scott dalam kolom yang ditulis di Nepali Times tahun lalu.

Scott baru-baru ini mengumpulkan uang amal untuk CAN. Ini dilakukannya selama lockdown pertama Inggris pada tahun 2020.

Kedutaan Besar Inggris di Nepal mentweet unggahan penghormatan kepada seorang pria yang telah menginspirasi dan membantu begitu banyak warga.

"Kami mengingat Doug Scott CBE tidak hanya yang memiliki prestasi mendaki gunung tetapi sebagai teman sejati Nepal yang dukungannya membantu membangun pos kesehatan di pedesaan," tulis pesan kedubes di Twitter.

"Prestasi dia juga mengingatkan kita akan pentingnya melindungi Gunung Everest, dan gunung kita lainnya dari #ClimateChange," tambah dia.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA