Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 07:42 WIB

TRAVEL NEWS

Tawon Kecil Ini Amat Licik, Masalah Serius dalam Dunia Penerbangan

Tawon lubang kunci dan Bandara Brisbane
Cetak 3D tawon lubang kunci di tabung pitot (Foto: CNN)
Jakarta -

Ternyata, tawon lubang kunci jadi masalah serius lain dalam dunia penerbangan. Apa yang telah dilakukan hewan mungil ini?

Diberitakan CNN, Rabu (9/12/2020), seekor serangga kecil luput dari kontrol biosekuriti Australia yang terkenal sangat ketat. Hewan ini berkembang biak dan mengancam keselamatan pesawat di Bandara Brisbane.

Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan Karibia, tawon lubang kunci pertama kali menyebabkan masalah di bandara pada tahun 2013. Saat itu, tawon ini memaksa Etihad Airways A330 rute Singapura memutar balik setelah beberapa menit terbang.

Begitu berada di darat, pekerja pemeliharaan menemukan tabung pitot pilot hampir sepenuhnya tertutup oleh lumpur, menurut laporan dari Biro Keselamatan Transportasi Australia.

Tabung pitot merupakan instrumen berlubang di bagian luar pesawat yang berguna untuk mengukur kecepatan udara.

Bagi tawon, tabung pitot adalah rongga yang sempurna untuk membangun sarang. Pesawat Etihad hanya berada di landasan selama dua jam sebelum penerbangan dibatalkan.

"Kami mendapat laporan dari awak darat di Brisbane bahwa sebuah pesawat bisa saja tiba di gerbang dan dalam hitungan dua atau tiga menit. Seekor tawon terbang di sekitar hidung pesawat untuk mengobservasi pesawat itu," kata Alan House, seorang ahli ekologi dari Eco Logical Australia.

House bekerja dengan para ahli dari Bandara Brisbane, maskapai utama Australia Qantas, dan konsultan lingkungan Ecosure untuk menghasilkan salah satu studi pertama di dunia tentang dampak tawon lubang kunci pada tabung pitot.

Ia ditugaskan oleh Brisbane Airport Corporation, dan laporan itu diterbitkan minggu ini dalam jurnal akses terbuka PLOS ONE.

Para peneliti mengatakan bahwa tanpa pengelolaan yang tepat, ada risiko tawon dapat berpindah ke bandara Australia lainnya. Bahkan, negara-negara terdekat dengan kondisi semi-tropis yang berkondisi tepat dapat membuat mereka dapat berkembang.

Tawon lubang kunci dan Bandara BrisbaneTabung pitot di pesawat (Foto: CNN)

Tabung pitot adalah instrumen penting

Dipasang di bagian depan pesawat, tabung pitot melakukan tugas penting untuk mengirimkan informasi kembali ke kokpit tentang seberapa cepat udara bergerak melaluinya.

Tabung pitot akan menunjukkan seberapa cepat pesawat melaju. Jika terlalu lambat akan ada risiko macet, jika terlalu cepat pesawat bisa gagal berfungsi.

Ketika tabung pitot tidak berfungsi, A330 secara otomatis beralih ke mode manual, memaksa pilot untuk mengambil alih kendali. Itulah yang terjadi dengan penerbangan Etihad, dan akhirnya mengapa pilot berbalik.

Tidak ada insiden besar di Bandara Brisbane karena tawon lubang kunci tersebut. Tapi kecelakaan di tempat lain telah dikaitkan dengan serangga tersebut.

Misalnya, penerbangan Birgenair 301 jatuh di lepas pantai Republik Dominika pada Februari 1996. Kejadian ini menewaskan 189 penumpang dan awak kabin.

Laporan kecelakaan mengatakan bahwa ada kemungkinan penyumbatan lumpur di tabung pitot. Atau, ada puing-puing dari serangga kecil yang masuk saat pesawat berada di darat.

Pada tahun 2018, Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA) Australia mengeluarkan peringatan kepada pilot, maskapai, dan bandara di negara tersebut tentang bahaya serangan tawon.

Tabung pitot yang tersumbat dapat menyebabkan kehilangan total kecepatan udara dan indikator ketinggian. Hal ini akan sangat berbahaya, buletin tersebut memperingatkan.

CASA menyarankan maskapai penerbangan untuk menutup tabung pitot sambil menunggu di Bandara Brisbane. Namun, itu tidak wajib, itulah sebabnya penyumbatan masih terjadi.

Total ada 26 insiden dilaporkan antara November 2013 sampai April 2019, menurut studi Bandara Brisbane.

Selanjutnya, cara mengatasi tawon lubang kunci >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA