Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 11:12 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Positif Corona, Kapal Royal Caribbean Kembali ke Singapura

Putu Intan
detikTravel
Royal Caribbean
Ilustrasi kapal Royal Caribbean. Foto: (James D. Morgan/Getty Images)
Jakarta -

Kapal pesiar Royal Caribbean kembali ke Singapura setelah seorang penumpang terdeteksi positif Corona. Seisi kapal pun langsung menjalani tes Corona.

Kasus itu terdeteksi di salah satu kapal milik Royal Caribbean yakni Quantum of the Seas. Kapal ini diketahui baru berlayar bulan ini sebagai bagian dari skema percontohan perjalanan pulang pergi tanpa berhenti di pelabuhan.

"Seorang tamu di Quantum of the Seas dinyatakan positif virus Corona setelah check in dengan tim medis kami," kata Royal Caribbean International dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/12/2020) sebagaimana dilansir dari Channel News Asia.

Semua tamu dan anggota kru yang melakukan kontak dekat dengan penumpang tersebut diidentifikasi, diisolasi dan kemudian dinyatakan negatif virus Corona.

Kapal pesiar pun kembali ke pelabuhan di Singapura sesuai dengan protokol pemerintah. Seluruh tamu akan diturunkan jika peninjauan pelacakan kontak selesai dilakukan.

Sementara itu, Royal Caribbean menegaskan akan bekerja sama dengan Pemerintah Singapura untuk melindungi kesehatan dan keselamatan tamu dan awak kapal.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sistem menyeluruh yang menguji dan memantau semua tamu dan kru serta mengikuti praktik terbaik kesehatan masyarakat," katanya.

"Bahwa kami dapat dengan cepat mengidentifikasi kasus tunggal ini dan mengambil tindakan segera adalah tanda bahwa sistem bekerja sebagaimana mestinya," ia melanjutkan.

Di sisi lain, Direktur Singapore Tourism Board, Annie Chang mengungkapkan bahwa rencana tanggap darurat telah dilakukan sesuai pedoman. Itu termasuk pembersihan kapal secara intensif, di samping juga melakukan isolasi pada orang yang kontak erat dengan penumpang tersebut.

"Seluruh orang yang memiliki kontak erat dengan penumpang itu telah dites dan hasilnya negatif. Kesejahteraan dan keamanan komunitas lokal kami, penumpang, dan kru tetap menjadi prioritas utama," ujarnya.

"Semua penumpang wajib menjalani tes COVID-19 sebelum naik kapal, dengan tindakan kebersihan dan keselamatan yang ketat diterapkan dalam perjalanan mereka," kata dia.

Royal Caribbean memberikan perlindungan COVID-19 kepada penumpang mereka, termasuk kredit 100 persen untuk pelayaran di masa mendatang jika tamu atau anggota rombongan mereka ada yang positif COVID-19 pada 3 minggu sebelum keberangkatan.

Pengembalian dana penuh juga akan diberikan jika seorang tamu atau anggota rombongan perjalanan mereka, dinyatakan positif Corona selama pelayaran.



Simak Video "12 Kru Positif Corona, Kapal Pesiar 'Lockdown' di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA