Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Des 2020 17:08 WIB

TRAVEL NEWS

Maradona Diusulkan Jadi Nama Jalan di Buenos Aires

Femi Diah
detikTravel
Maradona
Nama Diego Maradona diusulkan jadi nama jalan di Buenos Aires, Argentina. Foto: Getty Images
Buenos Aires -

Diego Maradona meninggal dunia 25 November 2020. Namanya diusulkan menjadi nama jalan di Buenos Aires.

Usulan itu dimunculkan oleh anggota dewan kota untuk menghormati mendiang Maradona. Dewan kota berencana memasukkan namanya ke bagian jalan menuju Stadion Argentinos Juniors, tim tempat Maradona memulai kariernya pada usia 15 tahun.

Stadion itu sudah dinamai sesuai namanya pada tahun 2004, Estadio Diego Armando Maradona. Stadion itu memiliki kapasitas 24.800 penonton.

RUU baru itu juga bertujuan untuk menciptakan "wisata, olahraga dan sirkuit budaya" di area 30 blok di sekitar stadion tersebut. Diharapkan, nama jalan itu menjadi "penghargaan permanen" untuk Maradona di kawasan ia memulai sebagai pesepakbola.

"Tidak ada yang bisa menyamai kegembiraan dan kebahagiaan yang diberikan Diego Maradona kepada rakyat Argentina. Tapi, kami pikir sirkuit budaya dan olahraga ini penting untuk membuatnya tetap hidup, sekarang dan selamanya," kata anggota dewan kota Claudio Morresi seperti dikutip AFP, Rabu (9/12/2020).

Maradona meninggal karena henti jantung di Buenos Aires pada 25 November pada usia 60 tahun. Dia dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat sepanjang masa.

Selain menjadi nama jalan, Maradona juga diusulkan muncul dalam lembar kertas uang peso. Satu sisi berisi sosok Maradona, sisi lainnya dimunculkan aksi Maradona si tangan Tuhan. Usulan ini menjadi polmeik saat ini.

Kota Naples juga sudah mengabadikan nama Maradona di stasiun dan stadion. Markas Napoli, San Paolo, berubah nama menjadi Stadion Diego Armando Maradona.

Selain itu, salah satu stasiun bawah tanah di Kota Naples turut diganti, dari Stasiun Metro Cumana yang kini berubah namanya menjadi Mostra-Stadio Maradona. Stasiun tersebut juga turut disulap menjadi seperti museum buat Maradona dan Napoli. Beberapa dinding di stasiun tersebut diberi mural Diego Maradona saat masih berseragam Napoli.



Simak Video "Kenang Maradona, Ratusan Orang Berkumpul di Buenos Aires"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA