Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Des 2020 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Cuma Manusia, Panda Juga Tak Bisa Pulang Kampung Gegara Corona

Putu Intan
detikTravel
Panda Xiang Xiang
Panda Xiang Xiang. (Foto: Yoshikazu Tsuno/AP)
Tokyo -

Panda Xiang Xiang harus bersabar menunggu momen pulang kampung ke China karena Corona. Ia masih harus tinggal di Jepang dalam beberapa bulan ke depan.

Pemerintah metropolitan Tokyo bersama otoritas China setuju untuk menunda kepulangan Xiang Xiang hingga Mei 2021. Menurut Gubernur Tokyo Yuriko Koike, panda betina yang dipinjamkan China pada Jepang itu akan dipulangkan jika kondisi telah aman.

Xiang Xiang yang lahir pada Juni 2017 itu diketahui tinggal di Taman Zoologi Ueno. Ia mulanya dijadwalkan meninggalkan Jepang ketika usianya genap 2 tahun, sebagaimana dilaporkan Kyodo News.

Akan tetapi pada Mei 2020, kedua negara sepakat untuk menunda kepulangan Xiang Xiang hingga akhir tahun. Alasannya, Xiang Xiang begitu populer di Jepang.

Selain Xiang Xiang, orang tuanya yang bernama Ri Ri dan Shin Shin juga ditunda pulang kampungnya. Tenggat waktu pengembalian itu ditunda sekitar lima tahun setelah Februari 2021. Kedua panda itu sendiri datang ke Jepang pada Februari 2011.

Jika kembali ke China, Xiang Xiang rencananya akan ditempatkan di fasilitas yang berada di Provinsi Sichuan, China barat daya. Namun hingga saat ini penerbangan langsung dari Tokyo dan Sichuan masih ditangguhkan. Itulah yang menyebabkan rencana pemulangan harus diundur sampai tahun depan.

Sementara itu, kebun binatang yang merawatnya melaporkan bahwa saat ini Xiang Xiang kian tumbuh besar. Beratnya yang saat lahir hanya 147 gram sekarang sudah mencapai 76,4 kilogram.

Xiang Xiang juga telah bertingkah layaknya panda dewasa. Ia beristirahat selama lebih dari setengah hari dan menjadi lebih lihai dalam memanjat pohon.



Simak Video "China Geram, Jepang Mau Buang Limbah Nuklir ke Samudra Pasifik"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA