Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Des 2020 15:04 WIB

TRAVEL NEWS

Intip Kecanggihan Bus Amfibi Rp 15 Miliar yang Mau Wara-wiri di Semarang

Semarang akan melengkapi armada transportasinya dengan bus amfibi seharga Rp 14-15 miliar. Bus tersebut akan ditempatkan untuk sektor wisata, kemana saja rutenya?
Bus amfibi di Hamburg Foto: MAN
Jakarta -

Tahun depan, Kota Semarang akan menyiapkan bus ambifi untuk digunakan traveler berwisata di Kota Lumpia. Seperti apa kecanggihan bus seharga Rp 15 miliar itu?

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Kota Semarang sudah menganggarkan pembelian bus tersebut tahun 2021 mendatang.

"Sudah disurvei sudah dibuat perencanaan kalau tidak salah sekitar Rp 14 atau Rp 15 miliar itu harganya. Barangnya ready tahun depan, anggarkan di APBD, 1 unit," kata Hendi di rumahnya akhir pekan lalu.

Melihat video yang dibagikan Hendi di akun Instagramnya, terlihat bus amfibi. Dari penelusuran lebih lanjut, bus amfibi itu merupakan bus yang dipakai wisatawan di kota Hamburg Jerman, bus amfibi itu dinamakan Hafencity Riverbus, bus amfibi pertama Jerman.

Bus itu bisa melaju di dua alam. Kadang melaju di pelabuhan dan bisa juga jalan normal di kawasan perkotaan. Di bawah bus itu tersimpan sasis truk buatan MAN atau Maschinenfabrik Augsburg-N├╝rnberg. Sebuah produsen bus terkemuka di Eropa yang berbasis di Munich.

Bodi bus amfibi dibuat oleh perusahaan Hongaria. Mesin bus diperkuat oleh mesin enam silinder dengan tenaga 280 hp. Selain itu ada mesin kapal berbahan bakar diesel. Bus memiliki dimensi panjang 12,07 meter, lebar 2,54 meter, dan tinggi 3,75 meter.

Dengan bodi seperti itu Hafencity Riverbus memiliki kapasitas 45 orang plus 2 kru atau 44 orang plus 3 kru. Bus menawarkan perjalanan wisata sekitar 70 menit dengan durasi 40 menit perjalanan darat dan 30 menit untuk menyeberangi sungai. Bus bisa melaju dengan kecepatan maksimal 65 km per jam di daratan dan 13 km per jam di perairan dengan maksimum kedalaman air 1,04 meter.

Bus juga punya sistem monitoring yang kompleks di kokpit pengemudinya. Namun, masalah perawatan bakal menjadi salah satu tantangan bus amfibi ini.

"Ini bukan bus dan juga bukan perahu, dan belum ada kendaraan pembandingnya. Jadi mekanik harus punya tingkat pengetahuan teknis sangat tinggi agar bisa mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan saat perbaikan bus amfibi," ujar Mike Vannauer, Regional Manager Bus Sales North MAN Truck & Bus Deutschland GmbH.

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA