Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Des 2020 15:43 WIB

TRAVEL NEWS

Upaya Tarik Wisatawan Jelang Akhir Tahun, Ciamis Punya Galuh Travel Mart

Ciamis Punya Even Galuh Travel Mart
Galuh Travel Mart di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Pemkab Ciamis terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menjelang akhir tahun ini. Salah satunya dengan menggelar even Galuh Travel Mart.

Karena masih dalam pandemi, kegiatan ini digelar secara virtual melalui zoom dan kanal YouTube dari Turis Informasi Center (TIC) Ciamis, Senin (14/12/2020).

Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai kesenian khas Ciamis, penayangan potensi-potensi obyek wisata di Ciamis. Termasuk destinasi wisata budaya dan sejarah Galuh yang memiliki potensi untuk dikunjungi.

Serta talkshow dengan host Eddy Brokoli dan Hani Mulyani. Acara ini ditayangkan secara live di beberapa kanal Youtube baik milik instansi Pemkab Ciamis maupun swasta.

Ciamis Punya Even Galuh Travel MartCiamis Punya Even Galuh Travel Mart Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis Endang Haris Djuanda menyatakan even Galuh Travel Mart ini menyuguhkan potensi wisata Di Ciamis baik wisata warisan alam maupun buatan.

"Ciamis ini kaya dengan potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Dengan even ini wisatawan, traveler bisa mengetahuinya dan penasaran untuk datang ke Ciamis. Wisata buatannya pun tak kalah menarik untuk dikunjungi," ujar Endang.

Ciamis pun memiliki segudang wisata sejarah dan wisata religi. Seperti Situs Budaya Ciung Wanara dan Astana Gede Kawali sebagai pusat Kerajaan Galuh. Ada juga wisata religi yang biasa dikunjungi yakni Situ Lengkong Panjalu.

"Ciamis pun memiliki wisata rekreasi, seperti Arum jeram di Sungai Citanduy, River Tubing hingga off-road dengan trek yang cukup menantang," jelasnya.

Sedangkan wisata alam di Ciamis, ada banyak Curug atau air Terjun yang dimiliki terutama di kaki Gunung Sawal. Juga banyak hutan Pinus yang menarik dengan keindahan pemandangannya seperti Darmacaang Hill dan puncak-puncak lainya.

"Pulang dari berwisata Ciamis ada oleh-oleh khas seperti Galendo, Keripik Pisang, Sale Pisang dan aneka makanan ringan lainnya. Jadi tidak ada salahnya berwisata ke Ciamis tapi tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyambut baik even Galuh Travel Mart ini untuk pengembangan pariwisata di Ciamis. Karena pandemi COVID-19 ini pariwisata sangat terdampak mengalami keterpurukan ekonomi.

"Melalui event Galuh Travel Mart ini semoga bisa membangkitkan kembali perekonomian dari sektor pariwisata," ucapnya.

Ciamis Punya Even Galuh Travel MartCiamis punya Even Galuh Travel Mart Foto: (Dadang Hermansyah/detikcom)

Herdiat menyatakan selain kekayaan alam yang melimpah. Wisata Ciamis pun terintegrasi dengan ekonomi dari setiap instansi, terutama Dinas Peternakan dan, Dinas Pertanian termasuk Dinas Perindustrian.

"Sehingga pariwisata ini betul-betul memulihkan perekonomian di Ciamis. Ciamis ini ada tiga zona wisata, Utara dengan wisata alam, sejarah dan religi. Wilayah tengah fokus pada pendidikan, pemerintah dan industri. Zona selatan dengan wisata alam yang memiliki potensi luar biasa," tegasnya.

Herdiat berharap dengan Galuh Travel Mart Virtual ini dapat mengundang wisatawan datang ke Ciamis. Namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.



Simak Video "Satu Orang Jadi Tersangka Insiden Susur Sungai yang Tewaskan 11 Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA