Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 21:01 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Turis di Thailand Ikut Bersih-bersih Taman Nasional

Putu Intan
detikTravel
Taman Nasional Phu Kradueng
Taman Nasional Phu Kradueng. Foto: (nhe_firmansyah/d'traveler)
Bangkok -

Tempat wisata acap kali dipenuhi sampah bekas kunjungan turis. Tapi berbeda di Thailand, turis-turis justru antusias membersihkan lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih ini diinisiasi Taman Nasional Phu Kradeung Thailand. Mereka mengundang para turis untuk bergabung dengan penduduk setempat dalam program pemulihan taman nasional dari sampah.

Program ini dilakukan dengan cara memisahkan sampah turis lalu staf meminta agar turis membawa sampah tersebut keluar dari wilayah taman nasional.

Diwartakan Asia One, otoritas taman mengungkapkan banyak turis yang tertarik untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Kepala Taman Nasional Phu Krudeng, Samret Phusansri mengatakan pada Minggu (13/12/2020) bahwa turis terus memperhatikan perihal sampah ini dan mengunjungi taman nasional dalam jumlah yang ideal atau tidak terlalu ramai.

Pada 11 Desember 2020, tercatat ada 3.332 turis yang menginap di 59 rumah dan 270 tenda di gunung yang menjadi bagian dari taman nasional itu.

Samret juga menjelaskan, tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan pariwisata dengan memahami alam dan menciptakan kesadaran tentang konservasi.

"Kami ingin berterima kasih kepada wisatawan yang telah mengambil kesempatan ini, sehingga tidak ada sampah plastik di Taman Phu Kradueng," kata Samrat.

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan di Taman Nasional Khao Yai Thailand. Kala itu Menteri Lingkungan Hidup Thailand Varawut Silpa-archa menyampaikan peringatan untuk mengirim balik sampah-sampah turis yang ditinggalkan di taman nasional itu.

"Anda melupakan sesuatu di Taman Nasional Khao Yai. Kami akan mengembalikannya kepada Anda," kata Varawut melalui akun Facebooknya.

Langkah ini dinilai menjadi gebrakan bagi Thailand yang pariwisatanya mulai bangkit di tengah pandemi COVID-19. Setidaknya, pandemi ini mengajarkan pemerintah dan wisatawan untuk lebih menghargai alam.



Simak Video "Penampakan Sampah Selapangan Bola di Bekasi Kini Ditutup Tanah"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA