Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 17:53 WIB

TRAVEL NEWS

Pro Kontra: Harus Tes Swab ke Bali, Memang Perlu?

Fokus liburan ke Bali Harus Swab
Ilustrasi harus tes Swab kalau naik pesawat ke Bali (Foto: Fauzan Kamil)
Jakarta -

Pemprov Bali menerbitkan Surat Edaran mengenai aturan wajib tes PCR bagi yang menggunakan pesawat terbang minimal 2x24 jam sebelum keberangkatan. Sementara bagi mereka yang menggunakan perjalanan darat dan laut diwajibkan menyertakan hasil tes rapid antigen negatif.

"Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan memasuki wilayah Bali harus mengikuti ketentuan sebagai berikut, bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing serta tunduk dan patuh terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil uji swab negatif berbasis PCR, minimal 2x24 jam sebelum keberangkatan, dan mengisi e-HAC Indonesia," kata Gubernur Bali I Wayan Koster dalam jumpa Pers di Rumah Dinas Gubernur Jayasabha, Selasa (15/12/2020).

Sebelumnya Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan meminta traveler menyertakan hasil tes usap atau swab H-2 sebelum keberangkatan dengan menggunakan pesawat ke Bali.

"Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali," ujar Luhut.

Aturan ini mulai berlaku pada 18 Desember sampai 4 Januari untuk mengurangi penularan virus Corona di Bali.

Masyarakat dikejutkan dengan aturan wisatawan ke Bali harus menyertakan tes PCR jika naik pesawat terbang. Mereka merasa aturan itu terlalu mendadak soalnya sudah membeli tiket dan hotel ke Bali.

Bagaimana menurut traveler soal aturan baru ke Bali harus swab ini? Tunjukkan sikap anda, Pro atau Kontra di bawah ini, dan jangan lupa alasannya:



Simak Video "Bali Dihantam Pandemi Corona, Lalu-lalang Wisatawan Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ash)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA