Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Des 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Gerbang Samudra Raksa yang Viral di Medsos

Tim detikcom
detikTravel
Gerbang Dengan Ikon Kapal Samudra Raksa Untuk Menuju Candi Borobudur
Foto: (Eko Susanto/detikcom)/Mengenal Gerbang Samudra Raksa yang Viral di Medsos
Yogyakarta -

Gerbang Samudra Raksa adalah tempat wisata di Yogyakarta baru yang viral di media sosial. Tempat itu merupakan gerbang masuk menuju kawasan Candi Borobudur.

Tempat itu berlatar kapal bercadik Samudra Raksa. Lokasi persisnya di Klangon, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

Gerbang Samudra Raksa dibangun oleh Kementerian PUPR sebagai petunjuk wisatawan masuk dari Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Sebenarnya saat ini pembangunan Gerbang Samudra Raksa belum 100 persen selesai. Menurut rencana gerbang tersebut akan rampung pada akhir Desember 2020.

Gerbang Dengan Ikon Kapal Samudra Raksa Untuk Menuju Candi BorobudurGerbang Dengan Ikon Kapal Samudra Raksa Untuk Menuju Candi Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Meski demikian Gerbang Samudra Raksa sudah viral di media sosial. Bahkan sudah banyak warga yang datang untuk berfoto bersama atau foto selfie dengan latar Gerbang Samudra Raksa.

Gerbang Samudra Raksa berada di sisi kanan jalan jika dari arah Kulon Progo. Kawasannya dilengkapi dengan rest area, serta kios-kios makanan, suvenir, dan UMKM.

Pada sisi kanan terdapat tulisan 'Selamat Datang di Kawasan Borobudur'.

Ada 3 pintu gerbang masuk kawasan wisata Borobudur yang dibangun lagi selain Gerbang Samudra Raksa.

Gerbang itu adalah Gerbang Singa, Gerbang Kalpataru dan Gerbang Gajah.

Gerbang Singa dibangun di Palbapang Mungkid. Gerbang itu merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang berasal dari arah Yogyakarta.

Gerbang Kalpataru di Blondo Mungkid. Gerbang Blondo ini merupakan pintu masuk wisatawan yang berasal dari arah Semarang.

Gerbang Gajah dibangun di Kembanglimus Borobudur. Gerbang ini merupakan pintu masuk wisatawan dari arah Kabupaten Purworejo.

Pembangunan tiga gerbang selain Gerbang Samudra Raksa tersebut akan dimulai tahun ini dan ditargetkan selesai pada Desember 2021. Seluruh ikon-ikon itu diambil dari relief Candi Borobudur.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Wilayah 1 Balai Prasarana Permukiman Wilayah, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Dwiatma Singgih, mengatakan, ikon itu dibangun agar gerbang ada cerita dan filosofinya.

Jadi apakah detikers tertarik untuk ke Gerbang Samudra Raksa?



Simak Video "Dukung 'Gerakan Jateng di Rumah Saja', Candi Borobudur Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA