Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Des 2020 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

11 Orangutan Sumatera Selundupan Dipulangkan ke Indonesia

Femi Diah
detikTravel
Orang utan Sumatera direpatriasi dari Malaysia dan Thailand dan tiba di Medan pada 18 Desember 2020. (Photo by Muhammad Zulfan Dalimunthe / AFP)
Orang utan sumatera selundupan direpatriasi dari Thailand dan Malaysia ke Indonesia. (AFP/MUHAMMAD ZULFAN DALIMUNTHE)
Jakarta -

Sebanyak 11 orang utan dipulangkan dari Malaysia dan Thailand ke Indonesia. Mereka diselundupkan menuju dua negara itu pada 2017.

Orang utan yang direpatriasi dari National Wildlife Rescue Centre (NWRC), Perak, Malaysia National dan dua orang utan dari Khao Prathap Chang Wildlife Breeding Centre, Provinsi Ratchaburi, Thailand. Orang utan yang dipulangkan dari Thailand itu bernama Ung Aing dan Natalee yang berusia empat tahun.

Penyelundup satwa liar mencoba menyelundupkan keduanya melalui Malaysia pada Juni 2017, tetapi mereka dicegat di perbatasan, bersama dengan 39 kura-kura Hamilton, 12 kura-kura India dan enam rakun.

Selama ini, Uang Aing dan Natalee tinggal di pusat penyelamatan satwa liar di Thailand. Setelah kembali ke Indonesia, meererka akan menjalani program rehabilitasi sebelum dilepaskan kembali ke alam liar di Sumatera.

Ung Aing dan Natalee harus menjalani tes virus corona sebelum diterbangkan ke Indonesia. Tes itu dilakukan oleh ahli hewan dari Universitas Chulalongkorn Bangkok.

Kesebelas orang utan itu diterbangkan oleh Garuda Indonesia dan tiba di Jakarta pada Kamis (17/12). Mereka melalui dua jalur penerbangan yakni Bangkok - Jakarta dan Kuala Lumpur - Jakarta.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier mendapatkan kesempatan untuk turut serta mendukung komitmen berkelanjutan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup RI dalam pelestarian satwa langka di Indonesia sekaligus memerangi perdagangan satwa ilegal," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam rilis kepada detikTravel, Sabtu (19/12/2020).

Dalam mempersiapkan proses repatriasi sebelas orang utan itu, Garuda Indonesia memastikan seluruh dokumen persyaratan maupun prosedur pengangkutan orang utan yang dalam hal ini adalah live animal, telah memenuhi regulasi internasional dari International Air Transport Association (IATA) serta peraturan karantina dan kepabeanan di Indonesia.

Sembilan orang utan dari Kuala Lumpur yang dibawa dengan GA 821 telah tiba di Jakarta dengan selamat pada siang hari ini tepatnya pada pukul 14.00 WIB yang dilayani dengan armada Airbus A330-900 neo, sementara dua orang utan lainnya yang diberangkatkan dari Bandara Suvarnabhumi dengan GA 867 tiba di Jakarta pada sore ini pukul 17.45 WIB yang dilayani dengan armada A330-300.



Simak Video "Perusahaan Penerbangan Indonesia Kurangi Jumlah Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA