Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Des 2020 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

BRI Permudah Traveler di Perbatasan RI-Timor Leste Tarik Tunai dan Tukar Uang

Femi Diah
detikTravel
tentang Malaka perbatasan RI dan Timor Leste
BRI Unit Kobalima menerima penukaran valas dan penarikan uang tunai agar wisatawan lebih mudah bertransaksi. (Femi Diah/detikTravel)
Malaka -

Kobalima menjadi kecamatan terluar RI di perbatasan dengan Distrik Komvalima, Timor Leste. Traveler yang melancong ke sana tidak perlu khawatir untuk menarik uang tunai, ada BRI Unit dan BRILink.

Dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI, detikTravel berkesempatan mengunjungi Kecamatan Kobalima, Malaka, Nusat Tenggara Timur (NTT). Malkaa merupakan kabupaten baru, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Belu tujuh tahun lalu.

Kendati Malaka merupakan kabupaten yang cukup muda, traveler tidak bakal kesulitan untuk mendapatkan uang tunai rupiah. Di ibu kota Malaka, Betun, ada kantor unit BRI. Bahkan, di Kobalima juga ada kantor BRI.

Sebelum pandemi, BRI Unit Kobalima ini menjadi jujugan pedangan di kawasan perbatasan untuk menukarkan dolar. Mereka merupakan pedagang diperbatasan RI dan Timor Leste yang melayani transaksi uang dolar dari wisatawan Timor Leste.

"Cukup banyak pengusaha masih menerima transaksi dengan dolar. Sebab ada keleluasaan warga Timor Leste untuk masuk ke Malaka sampai radius tertentu, sehingga cukup banyak yang berbelanja dengan dolar," kata Paulin Natalia Gela, kepala unit BRI Kobalima, dalam perbincangan dengan detikTravel dalam ekspedisi Tapal Batas detikcom yang didukung oleh BRI.

Poulin Natalia Gella, kaunit BRI KobaliaPoulin Natalia Gella, kaunit BRI Kobalia Foto: Femi Diah/detikTravel

"Uang dolar itu bisa ditukar dengan kurs sesuai waktu saat itu juga. Selama ini enggak ada keluhan dan lancar. Kami juga terus update kurs dan naik turun harga. Setiap nasabah yang mau cek dolar bisa mendapatkan informasi terkini," Paulin menambahkan.

Selain itu, BRI juga memiliki cukup banyak menggandeng warga dengan BRILink. Keberadaan BRILink itu memudahkan wisatawan untuk melakukan tarik tunai uang rupiah.

"Masyarakat di perbatasan sudah terbiasa dengan ATM, itu bukan hal baru lagi. Apalagi, dengan bantuan pemerintah pusat yang menggunakan BRI belakangan ini. BRI memberikan buku tabungan dan ATM. Jadi masyarakat diberi buku dan ATM, Bisa ambil di BRILink mana saja," kata Paula.

"Dengan ATM BRI itu, warga atau wisatawan bisa menggesek kartu mereka di agen BRILink dan uang tunai bisa didapatkan. BRILink di Malaka ini ada di banyak lokasi termasuk di perbatasan Hailala (di Malaka bagian atas), bahkan ada empat BRILink dan sampai di perbatasan di Motamasin," dia menegaskan.



Simak Video "Buka Seminggu Sekali, Pedagang Sembako Untung Rp 3 Juta Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA