Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Des 2020 19:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

12 Fakta Malaka Perbatasan Indonesia dan Timor Leste: Agama, Tuak, Adat, dll

Femi Diah
detikTravel
Mercu suar di Pantai Wailulik, Kobalima, Malaka, NTT
Mercu suar di Pantai Wailulik, Kobalima, Malaka, NTT (Femi Diah/detikTravel)
Malaka -

Malaka memiliki pos lintas batas negara (PLBN) Motamasin yang terhubung dengan Timor Leste. Kabupaten itu juga memiliki kaitan sejarah dengan Melaka di Malaysia.

Malaka berada di Kabupaten Nusa Tenggara Timur (NTT). Malaka merupakan kabupaten baru, hasil pemekaran dari Belu.

Untuk mencapai Malaka dari Kupanng, tersedia dua jalur utama, jalur utara dan selatan. Jalur selatan merupakan jalur baru mengikuti garis garis pantai dengan view menawan.

Di Malaka terdapat PLBN Motamasin yang ada di Kobalima Timur. PLBN Motamasin menjadi pintu keluar masuk Indonesia-Timor Leste, tepatnya di Salele, distrik Covalima.

Tim ekspedisi tapal batas detikcom yang didukung oleh BRI mengajak traveler untuk menjelajahi Malaka.

Sebelum berkeliling Malaka yang memiliki pantai-pantai indah dan bukit cinta, simak fakta Malaka yang berbatasan langsung dengan Timor Leste:

1. Kabupaten Baru Hasil Pemekaran

Kabupaten Malaka merupakan kabupaten baru dari pemekaran Kabupaten Belu. Keputusan itu disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

2. Berbatasan Langsung dengan Timor Leste

tentang Malaka perbatasan RI dan Timor LesteMalaka berbatasan langsung dengan Timor Leste Foto: Femi Diah/detikTravel

Di Malaka dibangun PLBN Motamasin sebagai satu dari tiga PLBN di NTT yang berbatsan langsung dengan Timor Leste. PLBN Motamasin yang berada di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, diresmikan pada 9 Januari 2018. Dua PLBN dengan Timor Leste lain di NTT adalah PLBN Wini dan PLBN Motaain.

3. Punya Ratusan Suku

Di Malaka tinggal ratusan suku. Suku-suku itu memiliki tugas masing-masing sesuai tradisi yang diwariskan secara turun-temurun. Masing-masing suku memiliki rumah adat yang dipimpin raja. Saat ini, secara adat, Malaka dipimpin raja Dominicus Kloit Tey Seran. Secara administrasi, Malaka tetap dipimpin oleh bupati.

4. Punya Banyak Pantai

tentang Malaka perbatasan RI dan Timor LesteMalaka di perbatasan RI dan Timor Leste memiliki banyak pantai. Foto: Femi Diah/detikTravel

Malaka memiliki delapan pantai yang masih alami dengan view dan daya tariknya masing-masing. Yakni, Pantai Motadikin, Wemasa, Lo'odik, Ramehek, Taberek, Pantai Komu, Kletek dan Pantai Abudenok. Pantai-pantai ini merupakan pantai sunrise alias tempat terbaik menikmati matahari terbit.

5. Sistem Matrilineal

Suku-suku di Malaka memiliki sistem matrilineal atau adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Salah satu aturannya, lelaki di Malaka tidak bsia tinggal di rumah orang tua lagi setelah menikah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Melihat Kesiapan PLBN Motamasin Lawan Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA