Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Des 2020 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Karimunjawa dan Jepara Tetap Buka di Libur Nataru... dengan Syarat

Antara
detikTravel
Karimunjawa
Karimunjawa dan Jepara tetap buka saat lubru nataru, namun dengan syarat. (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Di tengah pandemi, tak sedikit objek wisata yang ditutup jelang libur Natal dan tahun baru (nataru). Tapi, wisata Karimunjawa dan Jepara tetap buka bersyarat.

Dilansir detikTravel dari Antara, Selasa (22/12/2020), tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Jepara menyatakan bahwa objek wisata Karimunjawa tetap dibuka untuk menerima kunjungan wisatawan selama Libur Nataru. Hanya hasil rapid test juga diperlukan.

"Hasil evaluasi dan monitoring di Karimunjawa memang masih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan temuan kasus juga masih nihil. Setiap wisatawan yang masuk juga membawa surat bebas COVID-19," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Jepara Muh Ali di Jepara.

Meskipun masih tetap dibuka, dia meminta, jajaran satgas COVID-19 yang bertugas di Karimunjawa untuk tetap waspada dan meminta masyarakat maupun wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak.

Untuk tempat wisata yang ada di Kabupaten Jepara, katanya, hingga sekarang belum pernah mengeluarkan izin operasional selama pandemi COVID-19. Masing-masing pengelola tempat wisata diminta untuk mematuhi aturan selama pandemi.

Demi mencegah ledakan kasus selama liburan, maka semua tempat penginapan maupun tempat-tempat yang memungkinkan dijadikan tempat perayaan tahun baru dilarang menggelar berbagai acara yang sifatnya memunculkan kerumunan banyak orang.

"Surat edaran terkait larangan menyelenggarakan kegiatan di hotel-hotel maupun tempat usaha cafe dan lainnya sudah disampaikan. Kami minta semua mematuhi karena demi kepentingan bersama agar penanganan COVID-19 bisa tuntas," ujarnya.

Ia tidak memungkiri masih ada tempat-tempat wisata yang belum mematuhi aturan protokol kesehatan dengan membiarkan pengunjung tanpa masker sekalipun masuk tempat wisata.

Untuk menertibkan masyarakat yang tidak mau disiplin memakai masker, maka Tim Satgas COVID-19 Jepara sudah menyiapkan langkah-langkah penindakan dalam waktu dekat ini.

Karimunjawa sendiri ditutup mulai 17 Maret 2020 karena dikhawatirkan terjadi penularan kasus COVID-19. Namun, setelah dipastikan protokol kesehatan biasa diterapkan oleh masyarakat di Karimunjawa dan beberapa kali simulasi, kini tempat wisata tersebut dibuka untuk wisatawan umum per 16 Oktober 2020.

Sejumlah tempat wisata yang menjadi magnet kunjungan wisatawan di Kabupaten Jepara, memang tidak semuanya disiplin memakai masker. Itu terlihat di Pantai Bandengan Jepara serta Kampung Bali di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Meskipun banyak ditemukan pengunjung yang tidak membawa masker, ternyata tidak ada petugas yang berpatroli untuk mengingatkan. Kalaupun ada yang bertugas mengingatkan hanya ditemui di Pantai Bandengan terdapat petugas Satpol PP yang mengingatkan setiap pengunjung.



Simak Video "Cara Adipati Dolken Habiskan Waktu Akhir Tahun Bersama Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
e-Life
×
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga?
Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga? Selengkapnya