Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Des 2020 21:12 WIB

TRAVEL NEWS

Masa Berlaku Swab Antigen untuk Penerbangan dan Kereta Api

Puti Yasmin
detikTravel
Rapid test antigen, antigen, swab antigen
Foto: Ayunda Septiani/Masa Berlaku Swab Antigen untuk Penerbangan dan Kereta Api
Jakarta -

Pemerintah berupaya agar penyebaran COVID-19 bisa terkendali dengan memberlakukan test swab antigen pada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan pesawat dan kereta api di sejumlah rute tertentu. Namun, berapa lama masa berlaku swab antigen?

Adapun, beberapa rute yang dimaksud adalah untuk penerbangan menuju ke Jakarta. Untuk jalur darat, dari dan ke pulau Jawa (menggunakan kereta api), serta menuju ke Bali (menggunakan kapal). Sehingga masyarakat harus melakukan test swab antigen sebagai bukti bebas COVID-19.

Masa Berlaku Swab Antigen untuk Penerbangan dan Kereta Api:

Dalam laman resmi Kementerian Kesehatan, pemerintah menetapkan masa berlaku swab antigen terbaru adalah 14 hari. Sehingga, masyarakat bisa menunjukkan surat bebas COVID-19 dari swab antigen selama 2 minggu.

"Tes Antigen - Swab dilakukan pada saat akan melakukan aktivitas perjalanan orang dalam negeri dengan masa berlaku selama 14 hari," bunyi informasi tersebut dikutip detikcom, Selasa (22/12/2020).

  • Harga Swab Antigen

Dalam Surat Edaran Nomor HK.02/02/I/4611/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab pemerintah mematok harga tertinggi adalah Rp 250.000 di pulau Jawa. Sedangkan di luar pulau Jawa biaya swab antigen tertinggi adalah Rp 275.000.

Rapid test antigen adalah salah satu cara mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus COVID-19. Hal ini berbeda dengan rapid test antibodi dan juga swab PCR.

Sementara itu, swab antigen ini menjadi syarat perjalanan resmi mulai 19 Desember hingga 8 Januari 2021 bagi pemudik antarkota, wilayah, dan provinsi se-Pulau Jawa. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Detikers, jangan lupa cek masa berlaku swab antigen kamu ya!



Simak Video "Viral! Video Hasil Swab Keluar Tanpa Tes di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA