Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 10:08 WIB

TRAVEL NEWS

Sah! Sandiaga Uno Dilantik Jadi Menparekraf Gantikan Wishnutama

Putu Intan
detikTravel
Sandiaga Uno di Istana Negara
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sandiaga Uno sudah dilantik menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Ia pun dapat mulai bekerja membenahi pariwisata mulai hari ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik enam menteri dan lima wakil menteri baru. Pelantikan itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilakukan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Selanjutnya, Jokowi akan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang baru dilantik. Diikuti oleh Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri yang hadir.

Salah satu menteri yang dilantik hari ini adalah Sandiaga Salahudin Uno. Sandiaga Uno menempati jabatan Menparekraf menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Nantinya, Sandiaga Uno akan bekerja bersama Wakil Menparekraf, Angela Tanoe dalam menggeliatkan pariwisata yang selama setahun ini terdampak pandemi COVID-19. Sandiaga Uno juga mengatakan akan melanjutkan agenda yang sebelumnya telah dibuat Kemenparekraf.

"Tentunya, dalam konteks ini, tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari COVID-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi COVID-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa (23/12/2020).

"Kedua, tentunya adalah jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang mesti kita selamatkan," ujarnya.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan jadi lokomotif pascapandemi COVID-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sekitar ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan pada rakyat, masyarakat Indonesia," ia menegaskan.



Simak Video "Sandiaga Uno Bawa Tasbih saat Dilantik Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA