Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 12:18 WIB

TRAVEL NEWS

Sertijab Menparekraf: Wishnutama Titip Pemulihan Pariwisata ke Sandiaga Uno

Putu Intan
detikTravel
Serah terima jabatan Wishnutama-Sandiaga Uno
Serah terima jabatan Wishnutama-Sandiaga Uno. (Foto: Youtube Kemenparekraf)
Jakarta -

Wishnutama Kusubandio resmi menyerahkan jabatannya kepada Sandiaga Uno. Wishnutama berharap Sandiaga dapat mengatasi dampak pandemi Corona pada sektor parekraf.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) periode 2019-2020 Wishnutama Kusubandio telah menyerahkan jabatannya kepada Sandiaga Salahudin Uno pada Rabu (23/12/2020) di Balairung Susilo Sudarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.

Acara serah terima jabatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan naskah serta dokumen kepada Sandiaga Uno sebagai Menparekraf periode 2020-2024.

Naskah dan dokumen yang diterima Sandiaga Uno terdiri atas rencana strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020-2024 serta peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nomor 1 tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Setelah itu, Wishnutama pun menyampaikan pidato terakhirnya. Dalam pidato itu ia mengucapkan selamat dan memberikan pesan-pesan untuk Sandiaga Uno.

"Beliau ini (Sandiaga Uno) orang yang saya kagumi sejak lama dan saya yakin di bawah kepemimpinan beliau, pariwisata dan ekonomi kreatif akan jauh lebih baik ke depan," kata Wishnutama.

"Setahun belakangan ini kita menghadapi pandemi yang sangat besar sekali khususnya yang menghantam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini adalah tantangan yang luar biasa dan tentunya akan menjadi tantangan yang juga luar biasa bagi Bang Sandi ke depannya," ia meneruskan.

Wishnutama menjelaskan, sebanyak 13 juta orang yang bekerja di sektor wisata terdampak pandemi COVID-19. Begitupun dengan di sektor ekonomi kreatif yang jumlahnya nyaris 20 juta orang. Inilah nantinya yang akan menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf.

"Saya tetap yakin di bawah kepemimpinan Bang Sandi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kita bisa bangkit dan jauh lebih baik dari sebelumnya," kata Wishnutama.

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dalam pelantikan itu, ia sempat bercerita mengenai perjuangannya untuk sembuh dari COVID-19 dan menyampaikan tiga strategi dalam pemulihan pariwisata yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.



Simak Video "Sandiaga Uno Bawa Tasbih saat Dilantik Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA