Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Jan 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Menparekraf Sandiaga Uno ke Danau Toba, Tinjau Desa Wisata dan Main Kano

Syanti Mustika
detikTravel
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno kano di Danau Toba (dok Kemenparekraf)
Toba Samosir -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung kesiapan amenitas di Danau Toba. Yaitu berupa homestay yang berada di Desa Wisata Lumban Bulbul, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Di sana, Menparekraf Sandiaga Uno saat bertemu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekaf) Desa Wisata Lumban Bulbul, Rabu (30/12/2020). Dia mengatakan desa wisata ini adalah pilar dari pengelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan.

"Saya ingin hal itu beriringan dan berkembang bersama-sama para pelaku usaha yang ada di sini. Untuk memberikan peluang bangkitnya ekonomi kan kita ke depan. Dan Desa Lumban Bulbul ini Salah satu desa yang mudah-mudahan bisa menjadi contoh desa wisata lainnya," kata Menparekraf Sandiaga Uno dikutip detikcom dari rilis Jumat (31/12/2020).

Saat meninjau desa wisata Lumban Bulbul, Sandiaga Uno secara spontan ikut melepas alas kaki alias 'nyeker'. Dia bermain kano bersama wisatawan yang saat itu sedang berwisata di sana.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: (dok Kemenparekraf)



Meskipun masih mengenakan pakaian batik, Sandiaga Uno, yang juga hobi olahraga itu untuk bermain kano, langsung turun ke danau dengan kano.

Pantai Bulbul memang unik. Walau terletak di Tepian Danau, pantai ini memiliki pasir putih terhampar layaknya pantai di tepian laut.

"Tidak lengkap rasanya ke Danau Toba bila tidak merasakan airnya dan merasakan atraksi di sini. Ide saya, Ini cocok untuk sport tourism setelah itu saya melihat even yang cocok adalah triathlon, sepeda dan lomba lari lantaran, jalannya bagus," kata Sandiaga.

Untuk itu, Sandiaga juga mengingatkan para pelaku pariwisata untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Agar setelah pandemi usai. Wisatawan baik mancanegara atau nusantara juga bisa merasakan keindahan alam Danau Toba dengan beragam atraksi yang dimiliki.

Sandi juga menyempatkan berbelanja Ulos dan beberapa pernak-pernik di toko yang ada di sana.

Saat melintas di Jalan Lintas Sumatera pada Kamis (31/12/2020) itu menemukan sebuah titik pemandangan Danau Toba yang sangat indah.

Titik yang dinilainya menyimpan potensi wisata alam itu bernama Adian Nalambok yang terletak persis di punggungan bukit di antara Parapat menuju Balige. Persis dari atas Adian Nalambok, terlihat sebuah desa bernama Meat yang terletak di lembah sisi selatan Danau Toba, tepatnya Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Sandiaga UnoSandiaga Uno Foto: (dok Kemenparekraf)

Namun sayang, lokasi strategis yang disebutnya sebagai 'death valley viewing spot' itu belum dikelola dengan baik. Kawasan itu kini hanya berupa sejumlah warung-warung kecil dengan tempat duduk sederhana.

Padahal, pemandangan alam yang menjadi teras warung tersebut dinilainya sangat indah.

"Ini menunjukkan bahwa Toba ini banyak sekali titik-titik wisata destinasi yang bisa dikembangkan dengan pendekatan lewat keindahan alamnya," ujar Sandi menunjukkan keindahan pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

"Kita juga bisa lihat dari ekonomi kreatifnya seperti membuat warung yang instagramable, inilah pariwisata yang bisa membuka lapangan pekerjaan di saat pandemik seperti ini dan peluang bagi masyarakat," tambahnya.

Pengembangan objek wisata Adian Nalambok diungkapkan Sandi menambah pilihan destinasi wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Sehingga diharapkan dapat secara langsung menciptakan lapangan kerja yang berujung ketahanan ekonomi rakyat yang terpuruk imbas pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Jika pandemi ini mereda, kita harus mempersiapkan sesuai dengan tugas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," dia menambahkan.



Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA