Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Jan 2021 11:00 WIB

TRAVEL NEWS

H+2 2021, Gunung Ciremai 'Diserbu' Para Pendaki

Bima Bagaskara
detikTravel
Gunung Ciremai Diserbu Para Pendaki
Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)
Kuningan -

Mendaki Gunung Ciremai masih menjadi favorit masyarakat menikmati libur akhir tahun. Itu terbukti dari banyaknya pendaki yang akan menuju puncak tertinggi di Jawa Barat.

Pantauan detikcom di Pos Pendakian Jalur Palutungan Kabupaten Kuningan Sabtu (2/1/2021) pukul 09.30 WIB, ratusan pendaki tengah bersiap-siap di basecamp pendaki.

Sebelum menuju puncak para pendaki terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan hingga administrasi oleh petugas Pos Pendakian Jalur Palutungan.

Endun Abdullah Ketua Mitra Pengelola Pendakian Jalur Palutungan mengatakan hari ini ada 225 pendaki yang telah melakukan booking online akan berangkat menuju puncak Ciremai.

"Hari ini ada 225 pendaki yang terdaftar dari kuota 250 orang," kata Endun saat diwawancarai di Pos Pendakian Jalur Palutungan.

Gunung Ciremai 'Diserbu' Para PendakiGunung Ciremai Para Pendaki Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Menurutnya di hari kedua tahun baru ini terjadi peningkatan jumlah pendaki. Sebelumnya pada Jumat (1/1/2021) kemarin, pendaki yang melakukan booking online hanya berkisar 160 orang.

Selain momen libur tahun baru kata dia, penutupan pendakian melalui jalur Apuy di Kabupaten Majalengka juga menjadi penyebab meningkatnya jumlah pendaki.

"Penutupan jalur Apuy di Majalengka berpengaruh, jadi semua pendaki Ciremai lewat Kabupaten Kuningan, termasuk Palutungan, Linggasana dan Linggarjati," ucapnya.

Endun juga mengatakan pendaki yang akan menuju puncak Ciremai berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat bahkan hingga Jabodetabek.

Sementara itu Dia Suryana salah seorang pendaki asal Cimahi mengatakan, dirinya bersama empat orang rekannya sengaja memanfaatkan libur tahun baru untuk mendaki Gunung Ciremai.

Selain lokasinya yang masih berada di Jawa Barat, Gunung Ciremai yang menjadi puncak tertinggi di Jawa Barat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Dia dan rekan-rekannya.

"Lokasinya masih di Jawa Barat dan Ciremai ini belum pernah karena puncak tertinggi di Jawa Barat," singkat Dia.



Simak Video "Warga 'Desa Miliarder' Kuningan Borong 300 Motor-30 Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA