Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Jan 2021 15:00 WIB

TRAVEL NEWS

Maaf, Kini Tempat Wisata di Gunungkidul Tutup Tiap Jumat

Pantai Baron
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebut tempat wisata tidak menerima kunjungan setiap hari Jumat. Semua itu untuk sterilisasi dan evaluasi mingguan terkait pencegahan COVID-19.

Sekretaris Dispar Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan bahwa aturan tersebut tertuang dalam surat dengan nomor 556/1427 tentang pemberitahuan perpanjangan uji coba terbatas SOP protokol kesehatan di bidang pariwisata. Surat tersebut diteken tanggal 30 Desember 2020 oleh Kepala Dispar Kabupaten Gunungkidul.

"Betul, karena selama kita uji coba terbatas ini kan setiap Senin tempat wisata kita off-kan. Karena seminggu sekali harus ada hari khusus untuk bersih-bersih, evaluasi dan penataan di tempat-tempat wisata," katanya kepada detikcom, Minggu (3/1/2021).

Namun, setelah melalui berbagai pertimbangan dan melihat kondisi di lapangan kebijakan itu mengalami pergeseran hari. Di mana dari hari Senin menjadi hari Jumat.

Pantai BaronPantai Baron Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

"Kemudian, kita melihat untuk di awal tahun 2021 atas kesepakatan bersama, masukan dari berbagai pihak dan lihat kondisi di lapangan berubah liburnya, dari hari Senin menjadi hari Jumat," ucapnya.

Menyoal pembatasan jam operasi tempat wisata, Hary mengaku tidak memberlakukannya. Menurutnya pembatasan jam operasi tersebut hanya terjadi saat malam pergantian tahun saja.

"Tanggal 31 kan tutup jam 6 sore dan hanya berlaku tanggal 31 itu saja. Kalau sekarang jam beroperasinya sudah seperti biasa," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap mewajibkan pelaku wisata dan wisatawan agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Bukan tanpa alasan, semua itu untuk mencegah penularan COVID-19.

"Apalagi 95 persen tempat wisata (di Gunungkidul) sudah melakukan uji coba secara terbatas, yang belum buka tinggal sedikit, seperti gunung gentong, green village," imbuh Hary.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA