Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2021 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Misterius, Ratusan Burung Mati Tergeletak di Jalanan Roma

Putu Intan
detikTravel
Misterius, Ratusan Burung Mati Tergeletak di Jalanan Roma
Ratusan burung mati tergeletak. Diduga karena kembang api. (Foto: Istimewa)
Roma -

Momen pergantian tahun di Roma, Italia diwarnai kejadian yang misterius dan mengerikan. Ratusan burung mati tergeletak di jalan.

Fenomena itu terekam dalam video dan jepretan kamera netizen yang kemudian dibagikan di media sosial. Dari kabar yang beredar, ratusan burung itu ditemukan di sekitar stasiun kereta api Termini pada malam Tahun Baru.

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas penyebab matinya burung-burung itu. Namun netizen menyalahkan pertunjukan kembang api tradisional yang diduga telah membunuh para burung tadi.

Roma sebenarnya telah melarang pengadaan pesta kembang api di malam Tahun Baru untuk mencegah penyebaran COVID-19. Akan tetapi aturan itu tak diindahkan. Sebagian besar masyarakat justru masih menyalakan kembang api.

Akibat insiden itu, Organisasi Perlindungan Hewan Internasional (OIPA) Italia menyerukan larangan nasional untuk menjual kembang api dan petasan untuk tujuan pribadi.

"Saya sedang bekerja ketika melewati Cavour, sebuah jalan dekat stasiun kereta api pusat. Awalnya saya tidak tahu benda apa yang ada di tanah, sampai kemudian saya menyadari bahwa mereka adalah burung yang mati, jumlahnya ratusan," kata seorang sopir taksi Roma, Diego Fennichia seperti diberitakan Mail Online.

"Pemandangan yang sangat buruk. Saat itu sekitar pukul 00.40 dan penyebabnya bisa jadi karena kembang api, setidaknya itu yang pertama saya pikirkan," ujarnya.

"Saya bukan ilmuwan atau dokter hewan, jadi saya tidak dapat mempertanggungjawabkan secara pasti bahwa itu penyebabnya,"pungkasnya.

Kecurigaan Fennichia ini kemudian ditinjaklanjuti melalui penjelasan dari juru bicara OIPA Loredana Diglio yang mengatakan ada beberapa cara di mana burung bisa mati. Salah satunya dari pertunjukan kembang api yang bunyinya nyaring dan terang.

"Bisa jadi mereka mati karena ketakutan," kata Diglio.

"Mereka bisa terbang bersama dan saling bertabrakan, atau menabrak jendela atau kabel listrik. Jangan lupa, mereka juga bisa mati karena serangan jantung," ia menjelaskan.

Kejadian matinya kawanan burung secara misterius ini rupanya tak cuma terjadi di Roma. Beberapa tahun lalu, sekitar 5.000 ekor burung juga ditemukan mati di tepi danau di India.



Simak Video "Polisi Amankan 2.083 Ekor Burung Selundupan di Pelabuhan Merak"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA