Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2021 22:16 WIB

TRAVEL NEWS

Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas Alam di Indonesia

Tim detikcom
detikTravel
PT Pertamina (Persero) resmi mengelola cadangan minyak dan gas bumi, Blok Mahakam. Sebelumnya, Blok Mahakam dikelola oleh Total E&P Indonesie (TEPI).
Foto: Pool/Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas Alam di Indonesia
Jakarta -

Sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas alam tersebar tidak merata di beberapa daerah di Indonesia. Minyak bumi dan gas alam tergolong sumber daya alam strategis tak terbarukan yang dikuasai negara.

Minyak bumi dan gas alam juga disebut komoditas vital yang menguasai hajat hidup orang banyak dan mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional.

Berikut persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam seperti dikutip dari buku bertajuk Pasti Bisa Geografi untuk SMA/MA Kelas XI oleh Tim Ganesha Operation:

Daerah Penghasil Minyak Bumi, Batu Bara, dan Gas Alam:

a. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi memiliki manfaat yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Hal ini karena fungsinya sebagai bahan bakar atau sumber energi.

Hasil pengolahan minyak bumi dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu bahan bakar minyak contohnya minyak tanah, premium, dan avtur, bahan bakar nonminyak contohnya aspal, parafin, dan peluma/oli, elpiji (LPG/liquid petroleum gas), dan petrokimia contohnya pestisida, herbisida, dan pupuk.

Daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia di antaranya:

1. Pulau Sumatera yakni di Lhokseumawe dan Peureulak (Aceh), Tanjung Pura (Sumatera Utara), Sungai Pakning dan Dumai (Riau), serta Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim (Sumatera Selatan).

2. Pulau Jawa yakni di Wonokromo, delta Sungai Brantas (Jawa Timur), serta Majalengka dan Jatibarang (Jawa Barat).

3. Pulau Kalimantan terdapat di Balikpapan, Pulau Tarakan, Pulau Bunyu Kalimantan Timur serta Amuntai, Tanjung, dan Rantau (Kalimantan Selatan).

4. Maluku terdapat di Pulau Seram.

5. Papua, terdapat di Klamono, Sorong, dan Babo.

b. Batu Bara

Batu bara termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang menghasilkan energi. Batu bara berperan sangat penting bagi kehidupan manusia.

Batu bara digunakan untuk keperluan industri, pembangkit listrik tenaga uap, pembakaran semen, batu gamping, dan genting.

Daerah penghasil batu bara di Indonesia di antaranya Bukit Asam yang berpusat di Tanjung Enim di Sumatera Selatan, Kota Baru yang berpusat di Pulau Laut (Kalimantan Selatan).

Selain itu di Lembah Sungai Berau yang berpusat di Samarinda (Kalimantan Timur), dan Ombilin yang berpusat di Sawahlunto (Sumatera Barat).

c. Gas Alam


Selain minyak bumi, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang menghasilkan energi adalah gas alam.

Gas alam dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas pada alat transportasi seperti bus, bahan bakar industri ringan, dan bahan baku industri pupuk.

Daerah-daerah penghasil gas alam di Indonesia di antaranya di Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan), Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.



Simak Video "Jokowi Ingin Ekspor Batu Bara Mentah Diakhiri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA