Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Enaknya Jadi Raja Thailand, Bisa Kapan Saja ke Jerman Tanpa Visa

This screengrab from Thai TV Pool video taken on May 1, 2019 shows a ceremony in which Thailands King Maha Vajiralongkorn
Foto: Raja Thailand, Maha Vajiiralongkorn (AFP)
Berlin -

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menghabiskan banyak waktunya di Jerman. Sang Raja pun dipersilakan kembali kapan saja ke Jerman tanpa perlu visa.

Sudah jadi rahasia umum bahwa Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menghabiskan lebih banyak waktunya di Jerman daripada di negaranya sendiri. Baru pada bulan Oktober lalu, Maha Vajiralongkorn kembali ke Thailand di tengah-tengah gelombang demonstrasi warganya.

Menanggapi pertanyaan dari anggota parlemen dari partai oposisi, Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Mass, menyebut Maha Vajiralongkorn bisa kapan saja kembali ke Jerman. Sebab, sebagai kepala negara dia tidak membutuhkan visa untuk masuk ke Jerman.

"Bahkan jika kepala negara tidak membutuhkan visa untuk masuk ke negara ini, Jerman bebas untuk mentoleransi masa tinggal dia atau tidak berdasarkan asas kedaulatan teritorial," sumber di Kementerian Luar Negeri Jerman mengungkapkan, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (9/1/2021).

Sevim Dagdelen, anggota parlemen Jerman dari partai oposisi, mengatakan jika Raja Thailand tidak butuh visa untuk masuk ke Jerman maka pemerintah Jerman pun tidak bisa mempengaruhi berapa lama dia bisa tinggal.

Seharusnya, Pemerintah Jerman memberikan status Persona Non Grata kepada Raja Thailand. Pemerintah Jerman sih tidak membenarkan bila Raja Thailand mendapat manfaat politik dari negara tersebut.

Sebagian besar demonstran di Thailand menduga Maha Vajiralongkorn berada di Jerman untuk mengurusi bisnis kerajaan Thailand di sana. Namun sumber internal Kementerian Luar Negeri Jerman menyebut sampai saat ini tidak ada bukti yang menyatakan Raja Thailand pergi ke Jerman untuk mengurusi bisnis.

Kerajaan Thailand sendiri menolak untuk mengeluarkan pernyataan apapun yang berhubungan dengan Raja Maha Vajiralongkorn. Terutama, soal keberadaan sang raja di Jerman.

Demonstrasi besar-besaran di Thailand mengkritik banyak hal. Salah satunya, menghilangnya raja mereka ke Jerman. Mereka bahkan mendemo Kedutaan Besar Jerman di Bangkok, meminta agar otoritas Jerman mengadakan penyelidikan apakah Maha Vajiralongkorn melakukan kegiatan bisnis di tanah Jerman.



Simak Video "Pengampunan Raja Thailand Untuk Eks Selir yang Ambisi Jadi Ratu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA