Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Jan 2021 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Pandemi, Thailand Putuskan Tunda Festival Keagamaan

Putu Intan
detikTravel
Thai people and foreign traveler respect pray and rite ritual god angel buddha statue at Wat Phra That Phanom temple on October 2, 2019 in Nakhon Phanom, Thailand
Festival Phra That Phanom. Foto: Getty Images/Tuaya
Bangkok -

Penyelenggaraan festival tahunan Phra That Phanom di Thailand resmi ditunda. Sebabnya, Thailand masih berjuang mengatasi pandemi COVID-19.

Diberitakan Bangkok Post, Phra That Phanom mulanya akan diselenggarakan pada 21-29 Januari 2021. Namun setelah didiskusikan, untuk sementara, festival akan diadakan 19-25 Februari 2021 atau sampai situasi COVID-19 dapat ditangani.

Hal itu diungkapkan panitia penyelenggara acara yang dilangsungkan di kuil Wat Phra That Phanom Woramahawihan di tepi Sungai Mekong.

Festival Phra That Phanom biasanya akan menarik perhatian banyak orang dari kedua sisi Sungai Mekong. Dengan fakta tersebut, panitia kuil khawatir pertemuan besar seperti itu dapat memperburuk penyebaran virus Corona.

Festival Phra That Phanom secara tradisional dikemas sebagai acara keagamaan. Dalam festival itu akan dilaksanakan upacara sakral di mana masyarakat yang datang akan membungkus stupa dengan kain panjang. Stupa itu diyakini berisi tulang rusuk Buddha.

Saat ini, komite penyakit menular Thailand tengah memberlakukan aturan ketat pencegahan Corona. Orang yang datang dari provinsi yang berisiko tinggi harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Selain itu Thailand juga masih melakukan pembatasan perjalanan lintas negara. Mereka melarang wisatawan asing masuk dan warga dalam negeri keluar Thailand.

Dengan demikian, mereka amat mengandalkan wisatawan lokal. Berbagai cara dilakukan agar masyarakat lokal mau jalan-jalan. Salah satu caranya dengan menambahkan 8 hari libur nasional pada 2021.

Pada libur pergantian tahun, beberapa tempat wisata terpantau mulai ramai. Contonya Phuket dan Koh Samui. Sementara itu ibu kota Thailand, Bangkok justru menerapkan lockdown parsial. Mereka menutup bar, restoran, kafe, dan sekolah.



Simak Video "Kasus Corona Naik, Pemerintah Thailand: Kooperatif Atau Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA