Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Jan 2021 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Cuma di Jepang, Pemakaman Hewan Peliharaan Dibuat Seperti Manusia

Bonauli
detikTravel
Pemakaman hewan peliharaan di Jepang
Pemakanan hewan peliharaan di Jepang (service.annonpet.com)
Kyoto -

Tradisi di Jepang memang selalu unik. Kini ada kuil yang menerima layanan pemakanan hewan peliharaan layaknya manusia.

Dilansir dari Sora News, layanan ini dijalankan oleh perusahaan yang bernama PET. Hewan peliharaan yang kerap dianggap sebagai anggota keluarga, kini jadi lebih sakral karena akan diberi penghormatan layaknya manusia.

PET melayani pemakaman hewan peliharaan di seluruh wilayah Kansai tengah-selatan. Semakin lama, layanan ini makin populer dan digemari oleh banyak orang.

Untuk mempermudah pelayanan, PET kini bekerja sama dengan sebuah kuil Buddha ternama dari sekte Jodo Shinsu di Kota Fukuchiyama, Prefektur Kyoto. Kerja sama ini baru saja diresmikan di tanggal 30 Desember 2020.

Sebenarnya layanan kremasi hewan peliharaan di Jepang sudah cukup beragam. Namun Direktur PET, Yu Naohara terinspirasi untuk menciptakan layanan pemakaman peliharaan di kuil baru bernama Annon.

Annon memiliki arti damai atau ketenangan. Inspirasi ini datang dari pengalaman Naohara sendiri. Ketika itu hewan peliharaan keluarganya meninggal dan dirinya rapuh untuk melaksanakan pemakaman sendiri.

Layanan yang diberikan mencakup dalam 3 inti yaitu:

1. Seorang pendeta Buddha akan melakukan layanan kepada hewan peliharaan persis seperti yang dilakukan untuk manusia.

2. Pihak keluarga akan dibuatkan film pendek untuk menghormati hewan peliharaan mereka. Film pendek dibuat oleh videografer profesional.

3. Layanan pemakaman mencakup perlengkapan altar asli dan eksklusif untuk hewan peliharaan.

Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung jenis binatangnya. Tapi yang pasti, semuanya mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang sama.

Layanan ini tak hanya sekedar ucapan selamat tinggal formalitas. Anggota keluarga juga akan mendapat bimbingan pelepasan setelah pemakaman, lho!

Pelayanan ini memang dibuat khusus untuk orang-orang yang begitu mencintai hewan peliharaan mereka dan menganggapnya sebagai anggota keluarga.

Nantinya hewan peliharaan akan dikremasi seperti manusia. Kemudian pendeta Buddha akan mengadakan kebaktian di bangunan kuil utama yang diikuti dengan upacara lain.

Setelah itu, abu hewan dipersembahkan kepada anggota keluarga dalam guci pemakaman. Jepang memang punya budaya unik ya?

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA