Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Curi Ilmu dari Bupati Banyuwangi yang Sulap Kota Santet Jadi Tujuan Wisata

Femi Diah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Manparekraf Sandiaga Uno bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengundang Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, ke ibu kota. Mereka membahas desa wisata.

Pertemuan Sandi dan Bupati Banyuwnagi itu dilakukan di Restoran Lara Djonggrang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2021). Anas menyampaikan pengalaman membangun Banyuwangi yang dulu memiliki citra kota santet menjadi kota festival dan tujuan wisata setelah dipimpinnya.

Selain dinilai berhasil membangun wisata, Anas dinilai bisa melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi. Setidaknya, dari semula sebanyak 400.000-500.000 UMKM, kini Banyuwangi memiliki 5,3 juta pelaku UMKM.

"Bersama 'Bupati Legendaris', Bupati Banyuwangi yang menjadi acuan bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif daerah bisa bangkit dari hanya 400.000-500.000 sekarang jadi 5,3 juta," kata Sandi dalam rilis kepada detikTravel, Rabu (13/1/2021).

"Dan ini membuka lapangan kerja yang luar biasa sekali, tadi kita bertukar pikiran, saya menyerap banyak sekali," dia menambahkan.

Anas malah tidak menyangka diajak untuk menyampaikan pengalamannya membangun Banyuwangi.

"Saya kira tantangan Pak Menteri sekarang ini luar biasa, dan kami mengapresiasi kerja cepat Pak Menteri-Pak Sandi yang turun mau mendengar dari berbagai sumber," kata Anas.

"Ini sangat luar biasa, beliau mau mendengar dari mantan-mantan menteri termasuk ingin mendengar cerita kami dari kampung," dia menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Anas mengungkapkan sejumlah materi yang dibahas dalam diskusi, mulai dari pemberdayaan desa wisata hingga Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi pelaku seni budaya, dan desa wisata. Anas juga menyampaikan sejumlah tantangan dalam mengembangkan desa wisata dan potensi wisata desa.

"Beliau tadi menyampaikan bagaimana program rencana DAK yang akan memberikan ruang bagi pelaku seni budaya dan wisata desa untuk bisa bangkit dan hidup," ujar Anas.

"Tentu ini angin segar bagi daerah, dan mudah-mudahan ke depan bisa dieksekusi oleh Pak Menteri yang baru," dia menambahkan.

Di akhir pertemuan itu, Sandiaga Uno mengungkapkan rencana untuk berkunjung ke Banyuwangi usai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat DKI Jakarta usai.

"Terima kasih dan Insya Allah akan segera datang (berkunjung) setelah PSBB ini, mudah-mudahan Covid-19 bisa diatasi, protokol kesehatannya bisa juga ditingkatkan kepatuhannya," kata Sandi.

"Saya ingin berkunjung lagi, bertemu dengan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif," Sandi menambahkan.

"Kami tunggu dengan senang hati," Anas menimpali.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA