Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 19:14 WIB

TRAVEL NEWS

Bagaimana Cara Pesawat Bisa Terbang? Ini Penjelasannya

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)

Selain soal sayap, dorongan ini juga didapatkan pesawat dari mesin yang membuat pesawat dapat bergerak dengan kecepatan tertentu.

Dikutip dari CNN, mesin jet adalah bagian penting yang menempel di bagian sayap pesawat. Mesin ini mengandalkan udara untuk dapat bekerja.

"Ada empat kata untuk menggambarkan mesin jet yakni menghisap, menekan, ledakan, menghembuskan," kata Michael McCree, seorang insinyur perbaikan mesin Trent XWB Rolls-Royce.

Langkah pertama adalah menghisap. Kipas di bagian depan mesin jet akan menghisap udara dan 80 persen dari udara akan melewati mesin dan meniupkan udara keluar dari belakang. Mesin ini dapat menghisap hampir 57 juta liter udara.

Mesin pesawatMesin pesawat. Foto: (iStock)

Kipas berputar melalui mesin inti yang mengambil 20 persen bagian udara lainnya dan menekannya. Proses pengompresan ini membuatnya semakin kecil.

Kemudian udara akan bercampur dengan bahan bakar dan kemudian dinyalakan melalui pengapian. Proses itulah yang menyebabkan adanya ledakan.

Bagian terakhir adalah saat kompresor semakin kecil maka turbinnya semakin besar yang menghasilkan lebih banyak tenaga. Udara akan melewati dan berputar di setiap langkahnya.

Nah, jika sudah tahu cara kerja pesawat agar bisa naik, turun, dan maju, pesawat juga perlu dikendalikan sesuai dengan tujuan penerbangan. Pengendalian ini menggunakan sejumlah perangkat.

Selanjutnya: perangkat pengendali pesawat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA