Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jan 2021 14:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ciamis Zona Merah, Wisata Tetap Buka Pas PPKM dengan Syarat

Wisata Ciamis
Tempat wisata Ciamis tetap buka saat COVID-19 (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Jakarta -

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mengizinkan tempat wisata tetap buka selama pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Asalkan, pengelola membatasi jumlah pengunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengatakan selama PPKM Ciamis yang berlangsung dari 11-25 Januari 2021 tidak menutup tempat wisata.

"Jadi masih boleh buka, tidak ada ketentuan harus tutup. Namun jumlah pengunjung dibatasi sampai 25 persen saja dari kapasitas. Selain itu jam operasional juga dibatasi sampai pukul 20.00 WIB," ujar Budi Kurnia, Rabu (13/1/2021).

Budi telah menyampaikan imbauan kepada seluruh pengelola wisata Ciamis untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, selain menerapkan kuota pengunjung. Yakni, dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan jaga jarak. Pengunjung juga harus memakai masker.

"Harus lebih memperketat protokol kesehatan. Tidak boleh ada kerumunan di tempat wisata," dia menegaskan.

Bila ditemukan tempat wisata yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan berkerumun tentunya bisa ada sanksi. Terlebih, bila melanggar ketentuan dalam PPKM. Bahkan bila membandel maka bisa ditindak oleh petugas dan tempat wisata akan ditutup sementara.

Penerapan kuota pengunjung dan penerapan prokes secara ketat juga berlaku bagi pengelola restoran, kafe dan rumah makan yang berada pada area wisata maupun di luar area wisata Ciamis. Seluruh restiran, cafe, dan rumah makan dibatasi jam bukanya, maksimal sampai pukul 20.00 WIB.

Wisata CiamisWisata Ciamis tetap buka saat PPKM Foto: Dadang Hermansyah/detikTravel

Selain itu, semua restoran, cafe, dan rumah makan wajib mengatur jarak kursi tempat makan agar tidak berdempetan.

"Saat ini Kabupaten Ciamis zona merah, jadi protokol kesehatan harus betul-betul dilaksanakan di tempat wisata. Jangan sampai ada klaster wisata. Sehingga, aktivitas wisata berjalan tapi tetap menjaga kesehatan," kata Budi.

Dinas Pariwisata Ciamis pun terus berkoordinasi dengan Satgas COVID-19, Satpol PP, dan TNI-Polri dalam memaksimalkan pengawasan di tempat wisata.



Simak Video "Sensasi Berenang di Wisata Leuwi Pamipiran Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA