Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jan 2021 09:37 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Tunjuk Dino Patti Djalal Jadi Chief Strategic Advisor Kemenparekraf

3 Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat menanggapi elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) unggul diberbagai survei capres 2014. 3 Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat itu adalah Dino Pati Djalal, Hayono Isman dan Endriartono Sutarto. File/detikFoto.
Dino Patti Djalal Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal punya pekerjaan baru di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dia ditunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai Chief Strategic Advisor Kemenparekraf atau penasihat utama Kemenparekraf. Penunjukan itu sudah berlaku efektif hari ini.

"Saya melihat salah satu antisipasi dalam pandemi COVID-19 adalah kita melakukan pendekatan yang holistik dan kebetulan saya melihat diaspora yang selama ini dibantu untuk dikelola oleh Pak Dino melalui gerakan Diaspora Indonesia ini bisa kita ajak kerja sama. Pak Dino punya pengalaman sebagai Wamenlu. Langsung pada kesempatan zoom kemarin, saya minta kesediaan beliau membantu dan memberikan assist menjadi Chief Strategic Advisor atau penasihat utama kita," ujar Sandiaga dalam pesan yang diterima detikcom, Kamis (14/1/2021).

Sandi mengatakan dia meminta Dino Patti Djalal untuk memanfaatkan jaringan diaspora yang tersebar di mancanegara sebagai agent atau reseller dari produk wisata Indonesia. "Baik itu produk wisata di 5 Destinasi Super Prioritas (Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Likupang) maupun produk ekonomi kreatif maupun tempat wisata lainnya," ujar Sandiaga.

"Nanti akan kerja sama dengan penyedia teknologi dimana kita bisa membuat sistem yang sangat inovatif, Pak Dino bersedia dan saya diminta untuk memberikan state of the union atau pandangan utama kami di Kemenparakraf yang berkaitan dengan strategi pemulihan wisata dan ekonomi kreatif karena ada 30 juta pekerja yang bergantung di sektor ini untuk bisa kita selamatkan di tengah pandemi," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga meminta bantuan Dino Pati Djalal yang saat ini tercatat sebagai penggagas Foreign Policy Community of Indonesia untuk menyuarakan pesan-pesan yang akurat tentang situasi dan kondisi pariwisata di tengah pandemi virus Corona.

Sekilas profil Dino Pati Djalal, Dino pernah menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat sejak 2010 hingga 2013. Kemudian pada Juni 2014, Dino diangkat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri, hingga Oktober tahun tahun 2014.



Simak Video "Sandiaga Tunjuk Dino Patti Djalal Jadi Penasihat Utama Kemenparekraf"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA