Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jan 2021 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Keluarga Langka Tanpa Sidik Jari, Sulit Pergi ke Luar Negeri

Kisah keluarga tanpa sidik jari, kondisi genetik langka yang membuat mereka sulit masuk ke negara lain
Foto: Keluarga Apu Sarker terlahir tidak memiliki sidik jari (BBC Magazine)

Pemerintah Bangladesh Keluarkan Kartu Identitas Khusus

Bagi keluarga Sarker yang menderita kondisi langka itu, masyarakat di sekitar mereka jadi semakin tak ramah. Bukannya semakin mengakomodasi kondisi mereka.

Amal Sarker menjalani sebagian besar hidupnya tanpa terlalu banyak kesulitan, tetapi dia merasa sangat kasihan kepada anak-anaknya.

"Ini bukan tangan saya, ini sesuatu yang saya warisi. Namun bagaimana saya dan anak-anak mendapat semua jenis masalah, bagi saya, itu sangat menyakitkan," ucap Amal sedih.

Baru-baru ini Amal dan Apu mendapatkan jenis baru dari kartu identitas yang dikeluarkan oleh pemerintah Bangladesh setelah mereka menunjukkan sertifikat medis. Kartu tersebut menggunakan data biometrik, termasuk pemindaian retina dan wajah.

Namun, mereka masih belum bisa membeli kartu Sim ponsel atau mendapatkan SIM, sedangkan proses mendapatkan paspor adalah proses yang lama dan melelahkan.

"Saya letih menjelaskan situasinya lagi dan lagi. Saya bertanya pada banyak orang untuk mendapatkan nasihat, namun tak ada dari mereka yang bisa memberi saya jawaban pasti," kata Apu.

"Seseorang menyarankan saya untuk ke pengadilan. Jika semua opsi gagal, itu yang mungkin akan saya lakukan," imbuhnya.

Apu berharap ia bisa mendapatkan paspor. Dia ingin bepergian keluar Bangladesh. Dia hanya perlu mulai mengajukan aplikasinya.

Menurut Profesor Eli Sprecher, diperlukan lebih banyak pengujian untuk memastikan bahwa keluarga tersebut memiliki beberapa bentuk Adermatoglyphia.

Namun, Profesor Sprecher mengatakan timnya akan sangat senang apabila bisa membantu keluarga tersebut dengan pengujian genetik.

Hasil dari tes tersebut mungkin memberikan kepastian bagi keluarga Sarker, tetapi tidak ada kelegaan dari perjuangan sehari-hari menjelajahi dunia tanpa sidik jari.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "26 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal Feri di Bangladesh"
[Gambas:Video 20detik]

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA