Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Jan 2021 14:46 WIB

TRAVEL NEWS

Kebanjiran Turis, Kini Infeksi di Maldives Juga Tinggi

Bonauli
detikTravel
Maldives
Foto: Ilustrasi Maldives (iStock)
Male -

Maldives memang lagi happy karena kebanjiran turis. Hal ini juga membawa dampak negatif yaitu kenaikan kembali infeksi Covid-19.

Dilansir dari TTR Weekly, Maldives telah mendeteksi lebih banyak kasus COVID-19, terutama di resor bintang 5. Hal ini diungkapkan langsung oleh pejabat pariwisata.

Media pemerintah mencatat peningkatan kasus Covid-19 terjadi di akhir Desember. Melihat ke belakang, akhir Desember adalah momen terbaik pariwisata Maldives karena kebanjiran turis.

Apalagi yang datang ke sana kebanyakan adalah wisatawan dari negara berisiko tinggi. Kini operator pariwisata harus mematuhi pedoman kesehatan resmi dan mengisolasi wisatawan dan staf yang menunjukkan gejala Corona.

Sebenarnya Maldives telah mendeteksi adanya peningkatan kasus sejak pembukaan lockdown 15 Juli 2020. Sudah ada 108 kasus yang terdeteksi. Mengutip data, infeksi harian di Maldives mencapai 50-an orang per hari di bulan Januari.

Maldives mengharuskan semua wisatawan yang datang untuk menunjukkan tes PCR negatif dan berlaku hingga 96 jam sebelum keberangkatan. Syarat ini sebenarnya cukup umum dan mudah.

Alam yang cantik dan syarat liburan yang cukup mudah membuat Maldives jadi destinasi pilihan. Kementerian Pariwisata melaporkan bahwa akhir pekan pertama di tahun 2021 ada 20.612 turis yang tiba.

Statistik kementerian menunjukkan bahwa rata-rata ada lebih dari 2.000 turis yang datang di minggu pertama Januari. Jumlah ini memuncak hingga 4.195 pada satu hari.

Turis terbanyak datang dari Rusia, ada 5.331 orang. Ini mewakili 25,9 persen dari semua kedatangan. India kemudian masuk di urutan kedua dengan membawa 1.816 turis.

Sejak itu, ada 565 fasilitas wisata yang menerima wisatawan. Di dalamnya termasuk 141 resor, 11 hotel, 131 liveboards dan 282 wisma.

Dari 15 maskapai, kini Maldives sudah mengaktifkan 26 maskapai penerbangan internasional. Maldives bahkan sempat menyentuh angka rata-rata 3.000-5.000 wisatawan per hari.

"Ini kisah sukses yang akan memastikan pariwisata bertahan dan meminimalkan dampaknya terhadap perekonomian. 2021 akan jadi tahun yang membawa kesuksesan dengan kedatangan 1,5 juta turis," ujar Menteri Pariwisata Maldives Abdulla Mausoom.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA