Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 06:03 WIB

TRAVEL NEWS

Balapan Ski Kelas Dunia Swiss Batal Digelar, Turis Inggris Disalahkan

Balapan Ski Kelas Dunia Swiss Batal Digelar
Ilustrasi, lomba ski di Swiss Foto: (AFP)
Jenewa -

Kompetisi Piala Dunia Ski di Swiss telah dibatalkan. Hal ini disebabkan banyaknya kasus virus Corona yang diperkirakan berasal dari turis Inggris.

Dikutip dari Daily Mail oleh detikcom, salah satu acara klasik, lomba Ski Lauberhorn yang diselenggarakan di Wengen, Swiss batal digelar. Sekitar 60 orang dinyatakan telah positif virus Corona.

Menurut pejabat Swiss, setengah dari semua kasus ditelusuri dan tertuju kepada turis Inggris yang mengunjungi Wengen selama libur natal. Desa Wengen sendiri telah direncanakan akan menjadi tuan rumah dalam kompetisi tiga balapan di Gunung Lauberhorn pada Jumat hingga Minggu. Dua di antaranya telah dijadwalkan ulang untuk dilaksanakan di Austria.

Balapan Ski Kelas Dunia Swiss Batal DigelarBalapan Ski Kelas Dunia di Swiss tahun lalu Foto: (AFP/Getty Images)

Salah satunya, kompetisi down hill atau bersepeda di pada lintasan terpanjang yang biasanya menarik hingga 30.000 penonton. Kompetisi dipindahkan ke Kitzbuehel, tapi sayang, pejabat Austria mengatakan bahwa 17 kasus ditemukan di Tyrol yang menjadi provinsi desa tersebut.

Balapan tersebut akhirnya diselenggarakan di Flachau akhir pekan ini. Lokasinya sekitar 70 mil atau 1,7 km sebelah timur Kitzbuehel.

"Di sebuah hotel, virus sudah menyebar selama musim Natal. Hampir setengah dari 60 kasus sejauh ini dapat ditelusuri kembali pada seorang turis Inggris," kata pejabat kesehatan Swiss, Gundekar Giebel.

Resor ini memang populer di kalangan turis Inggris. Wisatawan bisa melihat pemandangan indah yang meliputi pegunungan Eiger, Moench dan Jungfrau yang menjulang lebih dari 14.000 kaki. Wengen sudah menjadi tempat pertandingan Piala Dunia sejak sirkuit dimulai pada Januari 1967.

Sayangnya balapan dibatalkan karena bahayanya terlalu besar. Tempat ini bisa menjadi klaster penyebaran yang mengkhawatirkan.

"Keputusan itu sangat menyakitkan, terlebih lagi karena panitia penyelenggara telah melakukan persiapan yang sangat baik," kata CEO Swiss Ski kepada Ski Racing.

Arans Resort Victoria di Lauberhorn mengumumkan akan tutup pada 20 Januari setelah melakukan konsultasi dengan otoritas wilayah. Pejabat kesehatan Swiss belum menentukan apakah wabah tersebut adalah jenis COVID varian baru dari Inggris atau bukan.



Simak Video "Piala Dunia 2022 Qatar Diyakini Sesuai Jadwal"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA