Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jan 2021 10:39 WIB

TRAVEL NEWS

Pulihkan Pariwisata Bali, Sandiaga Kaji Free COVID Coridor

Angga Riza
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ini sedang mempelajari program Free COVID Coridor (FCC). Progam ini dianggap akan bisa membantu pemulihan ekonomi dan pariwisata di Bali.

Konsep FCC yaitu mendatangkan wisatawan asing (wisman) ke Bali dengan syarat yang telah di vaksinasi dari negara asalnya. Usulan program FCC diusulkan oleh pelaku pariwisata di Bali usai melaksanakan pertemuan dengan Sandiaga.

"Yang ketiga ini, saya mendapat satu ide dari teman-teman juga bahwa ada program yang sekarang sudah berjalan di saudara kita Morowali, Sulawesi tenggara. Yaitu per bulan ada 5000 tenaga kerja asing yang masuk dengan pola tertentu yaitu mereka sudah di vaksin.Teman-teman ini mengajukan kepada kami dan sekarang kami akan mempelajari pola yang sama apakah nanti diterapkan juga di Bali berkaitan dengan konsepnya namanya free COVID coridor jadi FCC," kata Sandi kepada wartawan, Kamis (28/1/2021) di Bank Indonesia (BI) Bali.

Nantinya dalam konsep FCC yang direncanakan, wisatawan asing yang masuk ke Bali adalah orang yang telah divaksinasi di negaranya dan nantinya wisman sampai di Bali juga akan dilakukan test rapid antigen.

"Dimana rencananya yang boleh masuk sini yang sudah mendapatkan vaksin di negara asalnya dan disini dilakukan antigen mungkin dan mereka bisa langsung beraktifitas karena mereka sudah free COVID. Jadi ini namanya free COVID coridor," ujar Sandi.

Sandi menjelaskan jika seandainya program FCC mendapat persetujuan, maka akan dijadikan pilot project. Namun saat ini dirinya akan mempelajari terlebih dahulu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati juga telah memberikan lampu hijau terkait program FCC ini.

"Saya akan mempelajari, jika seandainya ini mendapat dukungan dari semua mari kita dorong ini dalam bentuk pilot project. Jadi mulainya seperti apa nanti teman-teman disini diskusi tadi pak Wagub juga bilang mendukung mengenai Free COVID Coridor ini," jelas Sandi.

"Ini mudah-mudahan menjadi satu motivasi untuk membangkitkan lagi ekonomi Bali dan menyelamatkan lapangan pekerjaan yang justru memulai mempersiapkan kebangkitan daripada sektor ini," tambahnya.



Simak Video "Kenakan Pakaian Adat, Sandiaga Uno Kunjungi Waterbom Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA