Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Feb 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Siapa Mau Dudukan Toilet Hitler? Harganya Diperkirakan Rp 288,5 Juta Nih

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Adolf Hitler
Foto: Getty Images/TkKurikawa
Jakarta -

Dudukan toilet diktator Nazi Jerman Adolf Hitler bakal dilelang. Diperkirakan benda itu laku mulai 15 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 288,5 juta.

Dikutip dari Daily Star, Selasa (2/2/2021), dudukan toilet Hitler itu diambil oleh tentara Amerika Sersan Ragnvald Borch. Dia mendapatkannya dari kamar mandi pribadi Hitler di Berghof, Pegunungan Alpen.

Waktu itu, Sersan Ragnvald mendapatkan tugas untuk bebas mengambil apa saja yang diinginkan dari kediaman Hitler. Kediaman Hitler waktu itu sudah rusak parah akibat bom sekutu menjelang Perang Dunia II.

Seakan sudah tahu banget akan peluang emas, Sersan Ragvald punya pilihan unik dalam misi itu. Saat tiba di kediaman Hitler, dia bergegas menuju kamar mandi.

Dari kamar mandi itu, dia membawa keluar dudukan toilet. Aksi Sersan Ragnvald sampai bikin rekan satu timnya heran.

Mereka menanyai Sersan Ragnvald alasan mengambil dudukan toilet itu. "Menurutmu di mana Hitler meletakkan pantatnya?" kata Sersan Ragnvald.

Sersan Ragvald betul-betul menjaga dengan hati-hati dudukan toilet itu hingga kemudian dia berkesempatan mengirim ke rumahnya di New Jersey, AS.

Saat kembali ke negaranya dan pulang ke rumah, dia memajang dudukan toilet Hitler itu di ruang bawah tanahnya.

Kini, keluarganya memutuskan untuk melelang dudukan toilet Hitler itu. Lelang bakal dilakukan di Chesapeake, Maryland pekan depan.

Dudukan toilet Hitler itu dihargai sekitar 10 ribu pound sterling atau sekitar Rp 191,3 juta sampai 15 ribu pound sterling atau Rp 288,5 juta.

Bill Panagopulos dari rumah lelang Alexander Auctions menyebut benda itu "dijamin menjadi salah satu item paling eye-catching yang bisa ditambahkan ke koleksi peninggalan Perang Dunia II".

"Orang hampir tidak bisa membayangkan rencana yang dilakukan diktator itu sambil merenungkan dunia dari atas singgasana ini," kata Panagopulos.

Bukan kali ini saja dudukan toilet menjadi barang berharga di rumah lelang. Penutup dudukan toilet mantan basis Rolling Stone Bill Wyman menjadi pemilik rekor untuk furnitur termahal dari jenisnya yang dijual di rumah lelang.

Dudukan toilet Wyman, yang ada di tahun 1975 dengan logo lidah Rolling Stones itu, dihargai 850 pound sterling atau setara dengan Rp 16 miliar.



Simak Video "Logo Baru Aplikasi Amazon Dicibir Mirip Kumis Hitler"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA