Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Feb 2021 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Taiwan Denda Pelanggar Isoman Setengah Miliar Rupiah!

Shifen dan Juifen di Taiwan
Ilustrasi Taiwan (Foto: riswihani/d'traveler)
Taipei -

Taiwan mendenda seorang pria hingga mendekati setengah miliar rupiah. Alasannya ia melanggar isoman (isolasi mandiri).

Mengutip pemberitaan CNN, Kamis (4/2/2021), ia melanggar karantina rumah sebanyak 7 kali. Oleh karena perbuatannya, pria Taiwan itu didenda 1 juta Dolar Taiwan Baru.

Pria yang tidak disebutkan namanya ini tinggal di Taichung, Taiwan tengah. Ia diketahui sedang melakukan karantina rumah di gedung apartemennya setelah kembali dari perjalanan bisnis ke daratan China.

Menurut TTV News, pria itu meninggalkan gedung apartemennya tujuh kali hanya dalam tiga hari. Ia pergi berbelanja, memperbaiki mobil, dan masih banyak lagi.

Dia dilaporkan terlibat pertengkaran dengan salah satu tetangganya. Itu terjadi ketika mereka menasehati pelaku tentang aksinya meninggalkan rumah selama karantina.

Pemerintah lokal Taichung mengonfirmasi bahwa pria itu kembali dari China daratan pada 21 Januari. Peraturan Taiwan mengharuskan karantina selama 14 hari.

Wali Kota Taichung, Taiwan Lu Shiow-yen mengecamnya sebagai pelanggaran serius. Ia juga menambahkan bahwa pria itu harus diberi hukuman berat.

Selain denda, yang merupakan denda tertinggi yang pernah dikenakan di Taiwan, pria tersebut juga harus membayar 3.000 NTD (Rp 1,5 juta) per hari untuk biaya karantina.

Pemerintah Taiwan telah memberi kompensasi kepada mereka yang dikarantina 1.000 NTD (Rp 490 ribu) per hari. Namun aturan ini tidak lagi memenuhi syarat untuk pelaku.

Taiwan telah menjadi salah satu negara tersukses di dunia dalam hal penanggulangan virus Corona. Pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu menutup perbatasannya sejak awal, menerapkan pengujian massal dan pelacakan kontak, serta memberlakukan karantina secara ketat.

Pada Desember 2020, seorang pekerja migran dari Filipina didenda Rp 49 juta karena melanggar karantina hanya selama total delapan detik. Pria itu dikarantina di hotel yang disetujui pemerintah dan keluar sebentar melangkah ke lorong di luar kamarnya lalu tertangkap kamera CCTV.

Akibat kontrol ketat ini, pulau berpenduduk 23 juta orang, Taiwan, hanya mencatat 889 kasus virus Corona dan tujuh kematian, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.



Simak Video "Taiwan Pamer Kapal Perang Amfibi Terbaru untuk Perkuat AL"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA