Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Feb 2021 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Negara-negara yang Pernah Menjajah Indonesia

Lusiana Mustinda
detikTravel
Petugas mengibarkan Bendera Merah Putih di Bukit Klangon, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (16/8/2020). Pengibaran bendera raksasa yang diikuti anggota TNI, Polri, Warga dan Relawan tersebut untuk mengenang pertempuran di Lereng Merapi saat melawan penjajah serta menyambut perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Jakarta -

Ada sejumlah negara yang pernah menjajah Indonesia. Melansir dalam buku 'Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Konstekstual' oleh I Gusti Ngurah Santika, S.Pd., M.Pd menyebutkan ada 6 negara yang pernah menjajah Indonesia.


Indonesia bertahan dan terus berjuang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia secara utuh.

Berikut ini beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia:

1. Portugis

Portugis menjadi bangsa yang melakukan hubungan perdagangan ke Asia. Indonesia pernah dikuasai oleh Portugis pada tahun 1511 hingga 1642. Pada tahun 1619, Belanda berhasil merebut Sunda Kelapa menjadi pusat perdagangan VOC dan mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Batavia.

Tak hanya berkuasa di Malaka, pada tahun 1512 Alfonso de Albuquerque juga mengirimkan armadanya ke Maluku yang dipimpin oleh Antonio de Abreu. Armada ini bertujuan untuk membangun monopoli Portugis atas perdagangan cengkeh Armada pertama tiba di Pulau Banda.

Namun hubungan Portugis dan Sultan Ternate sering diwarnai konflik, yang berujung pada Perlawanan Sultan Baabullah (1570 - 1584).

Sultan Baabullah mengadakan perlawanan terhadap Portugis, yang disebut dengan perang Soya-soya. Portugis dapat dikalahkan dan pergi dari Maluku.

2. Spanyol

Sebastian del Cano berhasil sampai di Maluku pada tahun 1521 dan melakukan perdagangan kepada orang-orang Maluku. Kedatangan Spanyol ini mengusik Portugis yang sudah lebih dahulu sampai di Maluku. Kemudian terjadi perseteruan di antara keduanya.

Persaingan antara dua negara Eropa ini terjadi bersamaan dengan pertentangan antara Sultan Ternate dan Sultan Tidore. Sultan Tidore bersekutu dengan Spanyol dan Sultan Ternate bersekutu dengan Portugis.

Mereka saling melakukan perlawanan. Pertentangan dua negara Eropa ini memaksa Paus turun tangan untuk mendamaikan.

Hasil perundingan disepakati Perjanjian Saragosa pada tahun 1529. Perjanjian ini membagi kekuasaan Spanyol dan Portugis.

Spanyol berkuasa atas Meksiko ke arah Barat sampai Kepulauan Filipina. Sedangkan Portugis berkuasa atas Brazil ke arah Timur sampai Kepulauan Maluku.

3. Prancis

Louis Napoleon mengirim Marsekal Willem Daendels ke Batavia dan menjadikannya Gubernur Jenderal di Indonesia pada tahun 1808. Kemudian seluruh Pulau Jawa diserahkan ke Inggris pada 18 September 1811.

4. Inggris

Inggris menjajah Indonesia pada tahun 1811-1816. Kekalahan Prancis menjadi awal bangsa bangsa Inggris yang menguasai wilayah Pulau Jawa. Di bawah kepemimpinan Stamford Raffles, Indonesia mengalami banyak perubahan.

Konflik yang terjadi di Eropa antara Belanda dan Inggris, memengaruhi pemerintah Pulau Jawa yang saat itu berada di tangan Inggris. Karena konflik tersebut terbentuklah perjanjian bahwa Belanda secara resmi kembali menjajah dan menguasai seluruh Indonesia.

5. Jepang

Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945. Jepang membuat organisasi kemiliteran dengan tujuan untuk melawan pasukan Amerika Serikat dan sekutunya.

Jepang terlibat dalam Perang Dunia II yang akhirnya mengalami kekalahan karena kota Hirosima dan Nagasaki di Jepang dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Dan pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyatakan menyerah dan ini menandakan berakhirnya penjajahan Jepang di Indonesia.

6. Belanda

Belanda paling lama menjajah Indonesia yaitu 346 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Belanda berhasil menguasai wilayah Pulau Jawa, Sumatera hingga Sulawesi.

Belanda menjajah Indonesia untuk berdagang dan mencari rempah-rempah. Atas kekalahan Portugis pada tahun 1602, Belanda memulai kolonialisasinya dengan mendirikan kongsi dagang di Batavia yang diberi nama VOC (Verenigde Oostindische Compagnie).

Pada Mei 1940, saat terjadi Perang Dunia II Belanda mengalami kekalahan karena negaranya dikuasai Nazi, Jerman. Tahun 1942, Belanda pun kalah di Nusantara oleh Jepang dan ini menandakan penjajahan Belanda berakhir.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 7,2 di Jepang, Warga Tetap Tenang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA