Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Feb 2021 14:04 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Teraman di Dunia 2021, Wajib Dikunjungi

Puti Yasmin
detikTravel
Travelers wearing face masks to protect against the coronavirus walk along a concourse at the Shanghai Hongqiao International Airport in Shanghai, Friday, Nov. 6, 2020. With the COVID-19 outbreak largely under control within its borders, air travel in China has mostly returned to pre-pandemic levels. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Foto: AP Photo/Mark Schiefelbein/Ilustrasi Negara Teraman di Dunia 2021, Wajib Dikunjungi
Jakarta -

Setiap orang tentu ingin tinggal di daerah dengan jaminan keamanan yang pasti untuk keberlangsungan hidupnya. Nah, ternyata ada beberapa wilayah yang masuk ke dalam negara teraman di dunia 2021 lho.

Dikutip dari World Population Review, Institute for Economics and Peace mengeluarkan laporan negara paling damai di dunia. Laporan tersebut mencakup 163 negara dari seluruh dunia.

Adapun, terdapat beberapa faktor penentu suatu wilayah bisa disebut sebagai negara teraman di dunia, yakni (1) konflik internasional dan domestik yang sedang berlangsung, (2) keselamatan dan keamanan masyarakat, hingga (3) militerisasi.

Negara Teraman di Dunia 2021

  • 1. Islandia

Selama 12 tahun, Islandia telah menjadi negara teraman di dunia. Negara dengan populasi sebanyak 430 ribu orang ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap polisi, dan pendidikan yang tinggi.

Para tentara dan polisi di Islandia tidak membawa senjata api. Mereka diketahui hanya membawa tongkat dan semprotan merica. Islandia juga memiliki undang-undang yang menjamin kesetaraan.

  • 2. Selandia Baru

Negara paling damai di dunia selanjutnya adalah Selandia Baru. Negara ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, terutama pada kekerasan dan tidak memiliki hewan yang mematikan.

Namun, skor peringkat negara teraman di dunia bagi Selandia Baru ini turun dari sebelumnya. Sebab pada tahun 2019 terjadi serangan teror di dua masjid di Christchurch dan menewaskan 51 orang.

  • 3. Portugal

Sebelum duduk di posisi ke-3, Portugal pernah berada di peringkat ke-18 pada tahun 2014 lalu. Negara ini diketahui masih memiliki polisi bersenjata tetapi tingkat kejahatan di negara ini menurun dan ekonomi yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

  • 4. Austria

Austria merupakan salah satu negara yang sangat aman untuk dikunjungi. Kejahatan serius jarang terjadi di negara ini, tetapi para wisatawan tetap harus waspada terhadap aksi pencopetan dan penjambretan tas.

  • 5. Denmark

Negara ini menjadi salah satu negara teraman di dunia karena tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat. Dua faktor tersebut berkontribusi besar pada keselamatan dan kebahagiaan Denmark.

Bahkan, karena itu korupsi jarang terjadi karena kejujuran dan kepercayaan merupakan prioritas utama. Setiap orang juga memiliki akses ke fasilitas kesehatan tanpa biaya tambahan hingga kuliah gratis.

  • 6. Kanada

Tetangga Amerika ini memiliki skor yang baik dan masuk ke dalam 10 besar negara teraman di dunia 2021. Sebab, konflik internal, tingkat kejahatan termasuk rendah. Bahkan, berdasarkan survei Gallup 2018, 84% orang Kanada merasa aman tinggal di negaranya.

  • 7. Singapura

Dalam laporan Gallup tahun 2018, masyarakat Singapura merasa aman dan memiliki pengalaman positif dengan penegak hukum setempat daripada di negara lain. Bahkan, negara ini memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia karena hukuman berat yang bisa dijatuhkan kepada pelakunya.

  • 8. Slovenia

Negara ini memiliki tingkat kejahatan dengan kekerasan yang sangat rendah. Kejahatan terbesar di negara ini adalah pencurian kecil-kecilan, perampasan tas, hingga pembobolan mobil

Negara di Eropa Timur ini juga dianggap sebagai salah satu negara teraman di dunia yang bisa dikunjungi para wisatawan.

  • 9. Jepang

Negara Jepang memiliki konflik internal dan kejahatan yang rendah. Negara ini juga diketahui memiliki sistem imigrasi yang ketat dan akses senjata api yang terbatas sehingga tak semua orang dapat bebas memiliki senjata.

  • 10. Republik Ceko

Negara terakhir adalah Republik Ceko. Negara ini pada dasarnya turun peringkat dari urutan ke-7 menjadi ke-10. Namun, untuk diketahui tingkat kejahatan dan dampak terorisme rendah untuk negara dengan akses senjata api yang relatif mudah.

detikers, mau kunjungi negara teraman di dunia yang mana nih?



Simak Video "Murka Singapura Disebut Surga Koruptor Oleh KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA