Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Feb 2021 18:16 WIB

TRAVEL NEWS

Garuda Putus Kontrak Leasing Pesawat Bombardier

Menteri BUMN Erick Thohir jalin kerja sama dengan BPKP
Erick Thohir Foto: Dok. Kementerian BUMN
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa maskapai Garuda Indonesia mendukung pengembalian 12 Pesawat Bombardier CRJ 1000. Salah satu alasannya yaitu langkah efisiensi karena dampak virus Corona.

Erick mengemukakan bahwa Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan penerbangan yang mengeluarkan biaya besar. Bahkan dengan leasing tertinggi di dunia.

"Saya sejak awal mengarahkan kepada manajemen Garuda, kita harus terus melakukan efisiensi yang tidak kalah pentingnya juga dari data-data kita lihat bahwa Garuda itu salah satu perusahaan penerbangan yang leasingnya paling tinggi dunia, cost daripada leasingnya 27%," ujarnya.

Karena itu, dengan tegas Erick mengatakan pihaknya dan Garuda Indonesia memutuskan untuk mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ 1.000 yang jatuh tempo enam tahun mendatang.

"Saya dengan tegas dan Pak Irfan (Dirut Garuda) hadir di sini, Pak Irfan dengan manajemen sangat mendukung, kita memutuskan untuk mengembalikan 12 pesawat Bombardier CRJ 1000 untuk mengakhiri kontrak kepada Nordic Aviation Capital (NAC) yang memang jatuh temponya 2027," kata Erick.

Di samping itu, Garuda Indonesia tengah melakukan negosiasi early payment settlement contract finansial lease 6 pesawat jenis yang sama dari Export Development Canada (EDC) yang jatuh tempo pada tahun 2024.

"Early termination ini belum mendapatkan respons dari mereka, sementara proses negosiasi dengan EDC masih terus berlangsung. Tentu keputusan ini juga ada landasannya," ujar Erick.

"Kita tahu bagaimana kami mempertimbangkan tata kelola perusahaan yang baik transparan, akuntabilitas dan profesional, di mana juga melihat dari keputusan KPK Indonesia dan penyelidikan Serious Fraud Office Inggris terhadap indikasi pidana suap dari pihak pabrikan kepada oknum pimpinan Garuda saat proses pengadaan tahun 2011," tambahnya.



Simak Video "BUMN Akan Bangun 1.000 Pertashop di Pesantren"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA