Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Feb 2021 19:21 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Imlek, Wisata Gunung Bromo Tutup Sehari di Wulan Kepitu

M Rofiq
detikTravel
Gunung Bromo
Foto: Gunung Bromo (Unsplash)
Probolinggo -

Libur long weekend Imlek 2021, traveler yang mau ke Bromo harus gigit jari. Bromo ditutup sehari di Wulan Kepitu kalender Suku Tengger.

Traveler harus gigit jari karena tidak bisa menikmati liburan ke Gunung Bromo di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Bromo sedang ditutup sehari di Wulan Kepitu atau bulan ke tujuh.

"Sudah kami infokan penutupan sejak sebulan kemarin, di bulan kepitu sudah kesepakatan antara pengelola, pelaku wisata dan warga, untuk menutup aktivitas wisata di Gunung Bromo selama sehari, mulai nanti hari Kamis malam pukul 00:00 WIB sampai besok Jumat pukul 24:00 WIB, baru dibuka kembali," ujar Kepala Seksi 1 TNBTS, Sarmin, saat di konfirmasi melalui ponselnya. Kamis (11/2/2021).

Penutupan bulan kepitu juga dilakukan pada tahun kemarin, namun waktunya di tahun 2020, penutupan dilakukan selama 2 bulan, namun untuk tahun ini, salah satu gunung tercantik di dunia ini, ditutup 1 hari saja.

"Kami menghimbau para pengunjung baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar negeri, untuk mengurungkan kunjungan selama ditutup di bulan kepitu ini, karena semua aktivitas wisata ditiadakan dan penutupan diberlakukan di 4 pintu masuk di Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Probolinggo" jelas Sarmin.

Pihak pengelola meminta maaf atas ketidaknyamanan di tutupnya wisata Gunung Bromo, yang bertepatan dengan hari libur Imlek.

Selain ditutup, ada pemberlakuan Car Free Month juga selama sehari di Wulan Kepitu kalender Suku Tengger Bromo.

"Kami mohon maaf bagi para pengunjung baik domestik maupun asing, atas pemberlakuan bebas dari kendaraan bermotor di area wisata Gunung Bromo, wilayah TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), sejak hari Kamis (11/2) pukul 00:00 WIB sampai pukul 24:00 WIB Jumat (12/02), sudah menjadi kesepakatan bersama di Wulan Kapitu atau bulan ke 7, bertepatan dengan libur panjang long weekend Imlek," ujar Kepala Seksi 1 TNBTS, Sarmin saat dihubungi melalui Ponselnya.

Penutupan dan bebas dari kendaraan bermotor pernah dilakukan tahun sebelumnya, namun dengan jangka waktu lama 2 bulan, namun di tahun ini hanya digelar car free month sehari saja, pengunjung hanya boleh masuk dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek kuda menuju lautan pasir dan salah satu gunung tercantik di dunia ini.

"Sudah kami umumkan baik melalui website resmi TNBTS, media sosial untuk penutupan dan pelarangan kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4, dan aturan car free month dilakukan serentak di 4 pintu masuk ke Wisata Gunung Bromo, di pintu masuk Kecamatan Malang, Pasuruan, Lumajang maupun dari pintu masuk dari Kabupaten Probolinggo," tegas Sarmin, Kamis (11/2/2021).

Pihak pengelola meminta maaf atas ketidaknyamanan pemberlakuan car free month di Wulan Ka Pitu, kami berharap bagi wisatawan lokal maupun asing, dan pelaku wisata serta warga Tengger Bromo, untuk mematuhi peraturan ini.



Simak Video "Jelang Long Weekend, Exit Tol Cileunyi Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA