Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Des 2020 23:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Cuma Penanjakan 1, Ini 5 Tempat Melihat Sunrise di Bromo

Penanjakan Bromo 1
Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo Foto: Faiq Azmi/detikcom
Pasuruan -

Melihat pemandangan matahari terbit atau sunrise di Gunung Bromo adalah salah satu agenda wajib Ketika berkunjung ke sana. Salah satu tempat melihat sunrise Bromo paling popular adalah di Penanjakan 1. Otomatis, tempat ini sudah ramai oleh turis sejak dini hari dan sulit untuk mendapatkan spot yang bagus.

Faktanya, ada 5 lokasi alternatif untuk melihat sunrise Bromo. Tidak kalah cantik, berikut adalah pilihannya.


1. Puncak Seruni

Sunrise Bromo semakin indah Ketika dinikmati dengan pemandangan gerbang batu di Puncak Seruni. Lokasi ini lebih mudah dijangkau jika anda datang dari jalur Probolinggo. Usai menaiki ratusan anak tangga, Anda bakal tercengang oleh indahnya panorama matahari terbit di sini.

Puncak Seruni Gunung BromoPuncak Seruni Gunung Bromo Foto: (Alex Zulfikar/d'Traveler)

2. Bukit Mentigen

Masih dari jalur Probolinggo, lokasi sunrise Bromo ini berada di Desa Ngadisari di sisi timur laut Bromo. Tempatnya masih terbilang alami dengan jalur setapak yang rimbun. Sisi baiknya, lokasi ini cenderung lebih sepi dari wisatawan.

3. Bukit Cinta

Kalau Anda datang dari jalur Pasuruan, Anda akan melihat tulisan "Love Hill Bromo Tengger" yang merupakan gerbang Bukit Cinta. Lokasi sunrise Bromo ini menyajikan tiga pemandangan sekaligus, yakni Bromo, Kaldera Tengger, serta Puncak Mahameru. Tempat ini juga dikenal dengan nama Lemah Pasar oleh warga lokal.

Bukit Penanjakan sedang direnovasi, kini wisatawan yang ingin menikmati terbitnya matahari (sunrise) di kawasan Gunung Bromo pun beralih ke Bukit Cinta, Probolinggo, Jatim.Menikmati terbitnya matahari (sunrise) di kawasan Bukit Cinta. Foto: Ari Saputra

4. Pos Dingklik

Spot sunrise Bromo ini adalah yang pertama Anda temukan jika datang dari arah Pasuruan. Lokasinya pun tidak jauh dari pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Meski tempatnya lebih kecil daripada Penanjakan 1, Anda bisa menikmati sunrise Bromo dengan lebih leluasa di sini.

5. Bukit Kingkong

Spot sunrise Bromo satu ini adalah yang terdekat dari Penanjakan 1. Alhasil, pemandangan yang ditawarkan pun tidak kalah indah. Hanya saja, tempat ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Karenanya, butuh kehati-hatian ekstra ketika berkunjung ke tempat ini.

bukitBukit Kingkong Foto: (ainbituin/Instagram)

Gunung Bromo adalah salah satu destinasi favorit Nusantara. Jangan lupa untuk memasukkan Gunung Bromo ke dalam itinerary wisata Jawa Timur jika Anda sedang menyusun rencana. Dengan spot alternatif ini, Anda bisa menikmati panorama sunrise Bromo dengan lebih nyaman dan menjaga jarak satu sama lain.



Simak Video "Longsor Terjang Lereng Gunung Bromo, Jembatan-Kandang Sapi Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA