Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Feb 2021 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Pesan Tiket Kereta Api, KRL, LRT dan MRT

Syanti Mustika
detikTravel
Pemprov DKI Jakarta terapkan PSBB transisi di bulan Juni ini. Guna antisipasi COVID-19, protokol kesehatan pun diterapkan di ruang publik, salah satunya di LRT.
Jakarta memiliki beragam pilihan transportasi publik. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Traveler yang ingin memesan tiket kereta di tengah pandemi bisa melakukan secara online dan offline. Berikut cara memesan tiket kereta api, KRL, LRT dan MRT.

Dirangkum detikcom, Jumat (12/2/2021) berikut cara memesan tiket kereta api, KRL, LRT dan MRT di tengah pandemi sekarang ini.

1. Cara memesan tiket kereta api jarak jauh

Pemesanan tiket kereta api jarak jauh bisa dilakukan secara online dan offline. Secara online, traveler bisa memesannya melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 keberangkatan. Selain melalui KAI Access, traveler juga bisa menggunakan aplikasi pemesanan tiket lain yang menyediakan pemesan tiket keret api jarak jauh.

Jika ingin membeli tiket kereta api secara langsung, traveler datang saja ke stasiun kereta terdekat yang melayani penjualan tiket. Kemudian, datangi petugas di loket pembelian tiket dan sebutkan rute stasiun yang ingin dituju.

Lalu, pilih jadwal dan kereta yang tersedia, kemudian lakukan pembayaran. Nanti traveler akan mendapatkan bukti pembayaran dan kode booking.


2. Cara memesan tiket MRT

Pembelian tiket MRT Jakarta juga bisa dilakukan dengan offline dan online. MRT Jakarta punya aplikasi, namanya MRT-J. Salah satu kegunaan dari aplikasi ini adalah traveler bisa melalukan pembelian tiket melalui online.

Setelah registrasi akun, traveler bisa mulai memesan tiket dengan memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Kemudian, tekan tombol panah untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Lalu tekan tombol beli tiket untuk melanjutkan ke laman pembayaran tiket. Traveler dapat memilih beberapa jenis pembayaran tiket MRT ini, di antaranya GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja.

Traveler yang ingin pembelian secara offline datang dan masuk ke stasiun MRT Jakarta. Kemudian datangi loket atau Ticket Vending Machine (TVM) untuk membeli kartu Multi Trip Ticket (MTT).

Selain pembelian tiket MRT online, traveler juga dapat bepergian dengan menggunakan e-money dan kartu multi trip. Untuk kartu single trip sudah tidak dijual.

Kartu multi trip ini dapat dibeli di mesin yang ada di setiap stasiun. Harga tiket MRT multi trip adalah Rp 25.000 dan dapat digunakan berkali-kali sampai saldo habis.

Sementara e-money yang dapat digunakan sebagai tiket MRT adalah Flazz BCA, e-money Mandiri, TapCash BNI, dan Brizzi BRI.

Untuk tarif MRT adalah Rp 10.000 per 10 kilometer. Tarif itu terdiri atas dua komponen yaitu boarding fee sebesar Rp 1.500. Sedangkan Rp 8.500 sisanya adalah hasil perkalian harga per kilometer Rp 850 dengan jarak 10 kilometer.

Di samping itu, tarif MRT antar stasiun ini berbeda-beda. Tarif termurah sebesar Rp 3.000 sedangkan tarif termahal adalah Rp 14.000.

Baca Juga : Ini Cara Beli Tiket MRT Secara Online dan Offline

3. Cara memesan tiket KRL

Untuk naik KRL, traveler bisa menggunakan e-money yang sudah dikeluarkan oleh bank. Cukup dengan melakukan top up saldo pada kartu, traveler bisa langsung tap di gerbang dan naik KRL.

Namun bila tidak memiliki e-money, traveler bisa membeli Kartu Multi Trip di loket KRL. Nantinya, traveler akan diminta deposit sebesar Rp 10 ribu yang akan dikembalikan saat traveler mengembalikan kartu sesampai di stasiun tujuan.

Di loket traveler sebutkan saja tujuan stasiunnya dan bisa pilih juga. Ingin sekali jalan, atau pulang balik. Lalu lakukan pembayaran.

4. Cara memesan tiket LRT

Cara memesan tiket LRT Jakarta juga tidak sulit. Traveler bisa menggunakan e-money. Cukup dengan melakukan top up saldo pada kartu, traveler bisa langsung tap di gerbang dan naik LRT.

Membeli tiket di stasiun juga bisa, kok. Datangi stasiun LRT terdekat dan langsung menuju ke mesin penjualan tiket atau loket pembelian tiket. Silahkan pilih jenis perjalanan dan jumlah tiket yang ingin dibeli. Kemudian lakukan pembayaran dan tiket di tangan.



Simak Video "Tabrakan Dua Kereta di Mesir Tewaskan 32 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA