Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Feb 2021 13:03 WIB

TRAVEL NEWS

Gaya Baru Pesta Gila Mardi Gras 2021

Bonauli
detikTravel
Mardi Gras tahun 2021
Mardi Gras (CNN)
New Orleans -

Parade, musik, kostum dan pesta, itulah kemeriahan dari Mardi Gras. Disebut sebagai karnaval paling menyenangkan sedunia, Mardi Gras diadakan dengan gaya baru.

Mardi Gras adalah karnaval besar dan dinanti di New Orleans, Amerika Serikat. Dilakukan setahun sekali, Mardi Gras sudah ada sejak tahun 1730. Dulu Mardi Gras bukanlah karnaval, melainkan pesta dansa.

Karnaval Mardi Gras baru mulai ada pada tahun 1830. Semakin lama, karnaval ini semakin ramai. Bahkan pada tahun 1872 munculah raja karnaval yang disebut Rex.

Dalam karnaval ini ada 3 warna khas yang akan muncul yaitu emas, ungu dan hijau. Saat pesta berlangsung, manik-manik warna-warni akan dilemparkan di sekeliling kota oleh peserta karnaval.

Mardi Gras tahun 2021Mardi Gras tahun 2021 Foto: (CNN)

Sementara Rex akan melemparkan koin warna-warni. Siapa pun yang mendapat koin ini dipercaya akan beruntung.

Parade akan berlangsung seharian. Mobil-mobil karnaval padat memeriahkan karnaval sekali setahun ini. Dentuman musik mengajak semua orang berjoget di pinggir jalan.

Di sisi lain, Mardi Gras rupanya sebuah tanda dimulainya musim menjelang Paskah, sehari sebelum Rabu Abu. Mardi Gras adalah bahasa Prancis yang memiliki arti Fat Tuesday atau disebut Shrove Tuesday.

Selama Pra-Paskah, banyak umat Kristen yang berpuasa, dan nama Fat Tuesday mengacu pada hari terakhir makan-makan sebelum hari-hari Pra-Paskah dimulai.

Mardi Gras tahun 2021Mardi Gras tahun 2021 Foto: (CNN)

Sebelum pandemi, Sebanyak 1,5 juta orang dari dalam dan luar negeri biasanya tumpah ruah di jalanan New Orleans saat perayaan Mardi Gras. Sementara tahun ini, pandemi merubah segalanya.

Dilansir dari CNN, Mardi Gras tahun ini jatuh pada 16 Februari. Namun tahun ini tak ada perayaan dalam bentuk karnaval meriah, di mana orang-orang mengenakan pakaian dan kalung mutiara berwarna-warni di New Orleans.

Sebagai gantinya, ribuan penduduk di sana menghias rumahnya dengan beragam tema, mulai dari zaman dinosaurus sampai negeri Wakanda. Rumah-rumah yang dihias ini menggantikan pemandangan mobil karnaval dan balon udara yang biasanya diarak keliling kota selama Mardi Gras.

Tetap meriah, penuh warna dan disambut banyak orang. Mardi Gras tahun ini memang berbeda namun tetap dinanti dan memberi kebahagiaan bagi warga New Orleans.



Simak Video "Festival Jenang Solo Digelar Sederhana di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA