Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 11:45 WIB

TRAVEL NEWS

Program Visa Jangka Panjang Meluncur Tengah Tahun, Bali Gas Pol

Tim detikcom
detikTravel
Sejumlah perempuan Bali mengusung Gebogan atau sesajen berisi buah, kue, bunga dan hiasan janur dalam tradisi Mapeed yaitu rangkaian persembahyangan Hari Raya Galungan di Desa Lukluk, Badung, Bali, Rabu (19/2/2020). Tradisi parade sesajen tersebut dilakukan menjelang persembahyangan bersama di Pura Dalem dalam merayakan hari kemenangan
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Badung -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menggagas program visa jangka panjang agar wisatawan bisa tinggal dalam kurun waktu yang lama di Indonesia. Kabupaten Badung, Bali menjadi diorbitkan jadi jujugan.

"Ternyata setelah dicek, tujuan utama dari visa jangka panjang ini Bali, Badung. Jadi, ini juga yang kita harapkan bisa memulihkan pariwisata kita," kata Sandi saat menyambangi Bali Budaya Giri Nata Mandala di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung akhir pekan ini.

Sandiaga tela berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham HAM) terkait program tersebut. Melalui langkah itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap ada program yang cepat atau simultan untuk memulihkan pariwisata yang terdampak pandemi COVID-19.

"Saya bersama Pak Ginting, Dirjen Imigrasi, ingin menyelesaikan pembahasannya sehingga kira kira pertengahan tahun bisa kita luncurkan second home program atau program visa jangka panjang," kata Sandi.

Sandi prihatin dengan kondisi Kabupaten Badung selama pandemi virus Corona. Dia mendapatkan cerita dari Bupati Badung bahwa pendapatan asli daerah (PAD) di daerah tersebut turun hingga 90 persen.

"Jadi, ini masalah yang bapak bupati sampaikan dan kita lagi mencari solusi. Jadi kita tidak bisa tidak harus gerak cepat, gerak bersama, menggarap semua potensi supaya Kabupaten Badung ini mampu bertahan di tengah-tengah pandemi," dia mengharapkan.

Dalam upaya meminimalkan dampak pandemi, Sandiaga mengaku bahwa pihaknya telah menelurkan program dana hibah pariwisata yang sudah berjalan tahun sebelumnya. Dari program tersebut ada anggaran yang masih tersisa sehingga akan diupayakan sebagai solusi mengatasi pandemi.

"Program tersebut juga harus ditingkatkan, jumlahnya diperluas sehingga tadi taman-taman rekreasi yang tidak tersentuh sebelumnya agar mendapat sentuhan, mendapat perhatian dan ikut juga merasakan dana hibah pariwisata," ujar dia.

Selanjutnya, Sandi akan memberikan program padat karya. Melalui program ini Sandi akan berupaya menyentuh berbagai desa wisata di Bali agar mendapatkan tambahan kekuatan menghadapi pandemi.

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah mengunjungi desa adat Kutuh di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Di desa ini Sandi mengunjungi dua tempat yakni kampung bola dan Pantai Pandawa.

Terakhir upaya juga dilakukan dengan memperjuangkan soft loan yang telah dilakukan oleh Pemprov dan masyarakat pariwisata Bali. Menurutnya, usulan dana pinjaman lunak sebesar Rp 9,4 triliun yang diajukan sudah dalam kajian dan segera bisa masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional.



Simak Video "Kenakan Pakaian Adat, Sandiaga Uno Kunjungi Waterbom Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA