Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 22:41 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Foto Bawah Air Terbaik 2021

Underwater Photographer of the Year 2021
Foto: Underwater Photographer of the Year/CNN
Jakarta -

Foto bawah air atau Underwater Photographer of the Year 2021 telah diumumkan. Renee Capozzola dari Amerika telah dinobatkan menjadi juara umum.

Melansir pemberitaan CNN, dan dilansir detikTravel Sabtu (13/2/2021), dalam kompetisi tahunan ini Capozzola mengirim gambar yang menakjubkan tentang hiu karang. Predator laut ini ia potret di Polinesia Prancis.

Dalam bidikannya, atmosfer tergambar dramatis tergambar. Predator laut sedang berenang di bawah burung camar saat matahari terbenam.

Foto Capozzola mengalahkan lebih dari 4.500 kiriman. Ia bersaing dengan 68 negara dalam kontes foto tahunan tersebut.

Berasal dari California selatan, Capozzola telah melakukan perjalanan ke seluruh dunia dengan kameranya, menurut situs webnya.

Foto pemenang dari Capozzola dinamai Sharks Skylight. Foto ini diambil di Pulau Pasifik, Moorea pada bulan Agustus lalu.

"Polinesia Prancis sangat melindungi hiu, itu adalah tempat favorit saya untuk memotret mereka," katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh penyelenggara kontes.

"Saya mendedikasikan beberapa malam untuk memotret di perairan dangkal saat matahari terbenam, dan saya akhirnya mendapatkan momen pemandangan ini: air yang tenang bak kaca di antara matahari terbenam yang indah, hiu, dan bahkan burung," dia menambahkan.

Underwater Photographer of the Year 2021Juara umum (Foto: Underwater Photographer of the Year/CNN)

Capozzola mengunggah berita tentang kemenangan Underwater Photographer of the Year 2021 di Facebook. Katanya, dia benar-benar terpesona dan merasa terhormat hingga melebihi kata-kata apapun karena telah menerima pengakuan bergengsi ini.

"Hiu berada dalam bahaya kepunahan, jadi saya berharap gambar ini akan membantu meningkatkan kesadaran akan adanya perlindungan hukum tambahan yang dibutuhkan hiu di seluruh dunia," kata dia.

Alexander Mustard, ketua juri, mengatakan foto-foto yang menakjubkan dari semua peserta menawarkan hal baru yang sangat dibutuhkan semua orang agar lebih tahu akan dunia bawah laut.

"Ini adalah foto tentang harapan, bagaimana lautan bisa menjadi begitu baik saat kita memberinya kesempatan berkembang. Ada kehidupan yang spektakuler baik di bawah maupun di atas permukaannya," kata Mustard.

Berbasis di Inggris, kompetisi tahunan ini sudah berlangsung sejak tahun 1965. Kompetisi ini untuk mengapresiasi fotografi di bawah permukaan laut, danau, sungai, dan bahkan kolam renang.

Underwater Photographer of the Year 2021Fotografi konservasi laut (Foto: Underwater Photographer of the Year/CNN)

Kompetisi ini memiliki 13 kategori. Di dalamnya ada tema makro, wide angle, fotografi perilaku dan bangkai kapal, serta empat kategori untuk foto yang diambil secara khusus di perairan Inggris.

Mark Kirkland dinobatkan sebagai Fotografer Bawah Air Inggris Tahun 2021. Ia menyabet gelar untuk potret satwa liar di dalam kota, karyanya 'While You Sleep'.

Foto ini diambil di dekat rumahnya di Glasgow. Kirkland mengatakan, bahwa foto itu adalah puncak dari momen 'berbaring diam dalam kegelapan' selama 25 jam selama empat malam.

"Kolam berlumpur kecil ini tidak mungkin menjadi tempat berlindung bagi satwa liar, terjepit di antara perumahan, supermarket dan pabrik," kata Kirkland.

"Tetapi selama beberapa malam setiap tahun, saat kota tidur, tempat itu hidup kembali dengan keberadaan katak," dia menambahkan.

Karim Iliya, dari AS, dinobatkan sebagai pemenang Fotografer Konservasi Laut, Underwater Photographer of the Year 2021. Karyanya yakni 'Pulau Penuh Keramaian', sebuah foto pemandangan udara dari pulau kecil di Panama.

Menyoroti masalah konservasi di lautan, ini adalah pertama kalinya kategori ini dimenangkan oleh kiriman citra di atas air, kata penyelenggara.

"Desa berpenduduk padat ini adalah mikrokosmos visual, pengingat bagaimana manusia di seluruh planet memakan ruang secara berlebihan," kata Iliya.

"Hubungan kita dengan alam dan penting untuk melindunginya menjadi sangat jelas ketika Anda melihat spesies kita dari atas dan melihat bagaimana kita memonopoli," dia menjelaskan.



Simak Video "Kontes Foto dengan Model Cantik, Jababeka"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA