Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 12:26 WIB

TRAVEL NEWS

Musim Hujan dan Pandemi, Ini 7 Makanan untuk Tingkatkan Imun

Ilustrasi biji-bijian
Ilustrasi minuman (Foto: (pixabay)
Jakarta -

Pandemi belum berakhir, dan musim hujan pun mulai melanda. Daya tahan tubuh pun kini menjadi modal utama agar tetap sehat.

Cukup istirahat, aktif bergerak, dan makan makanan bergizi adalah beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain melakukan aktivitas di rumah saja, mengonsumsi vitamin yang baik untuk tubuh memang bisa menjadi salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan imun.

Namun, tahukah Anda bahwa banyak makanan yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh? Bukan hanya bermanfaat, bahan makanan yang tahan lama ini rasanya juga enak dan beberapa bahkan dianjurkan dalam agama Islam.

1. Kurma

Jika biasanya kurma identik dengan bulan Ramadan, saatnya memasukkan kurma ke dalam menu sehari-hari. Kurma kaya akan potassium, vitamin A, B, C, dan serat sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan gula dalam kurma juga dilepas secara bertahap sehingga Anda bisa kenyang lebih lama. Selain dimakan langsung, kurma juga dijadikan campuran minuman atau dibuat menjadi camilan.

2. Madu

Rasanya semanis manfaatnya. Madu lazim digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu mengandung mineral, vitamin, antimikroba, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Cara mengonsumsinya pun mudah, bisa dimakan langsung, dijadikan minuman, ataupun dicampurkan dalam makanan sebagai pengganti gula.

3. Minyak zaitun

Kaya akan lemak tidak jenuh dan kandungan anti-inflamasi serta antioksidan, minyak zaitun adalah bahan serbaguna yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan tertinggi, Anda bisa mengonsumsi extra virgin olive oil. Selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi langsung sebanyak dua sendok makan setiap hari.

4. Cuka apel

Kaya akan probiotik, cuka apel baik untuk kesehatan pencernaan. Cuka apel bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkan dua sendok dengan segelas air untuk mengencerkannya. Jika Anda tidak tahan dengan rasa asamnya, Anda bisa menambahkan madu.

5. Susu

Minum susu adalah sebuah kebiasaan baik yang telah diperkenalkan sejak kecil. Faktanya, susu memang memiliki kandungan nutrisi baik seperti kalsium, protein, Vitamin A, B12, dan D yang baik untuk daya tahan tubuh. Kabar baiknya, kini pun semakin banyak susu bebas laktosa atau susu berbahan dasar nabati yang bisa dikonsumsi bagi orang-orang dengan alergi susu sapi.

6. Biji-bijian

Gandum, barley, bahkan beras adalah contoh biji-bijian yang baik untuk tubuh. Mengandung serta, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan, biji-bijian juga mampu meningkatkan sel darah dalam sistem daya tahan tubuh. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan gluten yang perlu diperhatikan bagi orang dengan alergi.

7. Aneka jeruk

Jeruk medan, jeruk bali, lemon, hingga jeruk nipis, aneka jeruk ini punya kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, ada pula kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan organ dalam. Asupan vitamin C juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran lainnya dan bisa dikonsumsi setiap hari sesuai kebutuhan.



Simak Video "Buka Les Vokal, Delon Thamrin Berharap Lahirkan Bakat Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA