Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 10:37 WIB

TRAVEL NEWS

Nyam.. Ini 5 Resep Masakan yang Bisa Dibuat dengan Gochujang

Resep masakan Gochujang
Ilustrasi bibimbap (Unsplash)
Jakarta -

Gochujang merupakan salah satu bumbu Korea halal yang sering digunakan dalam berbagai masakan Korea. Bumbu ini bisa buat apa saja ya?

Meski tidak lazim digunakan dalam makanan Indonesia, gochujang juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Dari resep steamboat ala Korea sampai camilan pedas, Anda bisa membuat makanan Korea lezat dengan resep berikut ini.

1. Budae jjigae

Pedas, hangat, dan berkuah, budae jjigae atau army stew adalah makanan Korea yang mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya pun bisa dikreasikan sesuai selera, mulai dari sayuran, bakso, eomuk, telur, aneka sayuran, hingga tahu dan mi instan.

Cukup tumis bawang putih bersama gochujang, kecap asin, dan kaldu ayam. Setelah mendidih, masukkan bahan-bahan yang telah Anda siapkan.

Resep masakan GochujangIlustrasi budae jjigae Foto: (Unsplash)

2. Teokbokki

Anda tidak perlu lagi membeli teokbokki siap masak jika sudah punya gochujang di rumah. Cukup campurkan gochujang dengan air atau kaldu, masukkan teok (kue beras) dan bahan-bahan lain seperti eomuk, sosis, atau bakso, masak hingga semua bahan matang, lalu sajikan dengan taburan daun bawang.

Resep masakan GochujangIlustrasi teokbokki Foto: (Unsplash)

3. Bibimbap

Nasi ala Korea ini ternyata mudah dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan nasi dan aneka lauk serta sayuran matang. Biasanya, bibimbap berisi daging bulgogi, irisan wortel, irisan mentimun, daun bawang, serta telur mata sapi. Untuk bumbunya, campurkan gochujang, bawang putih cincang, gula, cuka, kecap asin, lalu aduk rata. Pastikan nasi dalam keadaan panas dan aduk semua bahan di dalam mangkuk.

4. Kimchi bokkeumbap

Meski namanya sulit diucapkan, membuatnya sangat mudah. Makanan Korea ini juga dikenal sebagai nasi goreng kimchi. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan nasi goreng biasa. Hanya saja, Anda menggunakan kimchi. Gochujang, minyak wijen, dan biji wijen sebagai taburannya.

5. Maeun dakbal

Anda pecinta ceker? Nah, makanan Korea ini patut Anda coba buat di rumah. Cara membuatnya kurang lebih sama dengan tumis ceker pada umumnya. Setelah dibersihkan dan direbus hingga matang, masukkan ceker ke dalam panci besar dan beri air hingga terendam.

Masukkan bawang Bombay, bawang putih, daun bawang, daun salam, lalu rebus kembali hingga empuk. Masak kembali ceker dengan kaldunya, lalu tambahkan cabai giling, gochujang, bubuk cabai, bawang putih cincang, surp beras, minyak wijen, kecap asin, saus tiram, dan bubuk kunyit. Masak hingga kuah susut sesuai selera.



Simak Video "Detik-detik Peluncuran Roket Pertama Korsel ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA