Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Feb 2021 10:54 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Mumi, Mesir Temukan Pabrik Bir Kuno Berusia 5.000 Tahun

Putu Intan
detikTravel
Pabrik bir kuno Mesir
Temuan pabrik bir kuno di Mesir. Foto: Egypt Ministry of Tourism and Antiquities
Abydos -

Penggalian artefak bersejarah di Mesir kembali membuahkan hasil. Kali ini mereka menemukan pabrik bir kuno yang usianya 5.000 tahun.

Dilansir dari CNN, Senin (15/2/2021) pabrik itu terletak di Kota Abydos, Mesir, tepatnya di Kegubernuran Sohag. Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, pabrik bir ini diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Raja Narmer sekitar tahun 3.100 SM. Pabrik tersebut dapat menghasilkan ribuan liter bir pada masanya.

Salah satu pemimpin misi Mesir-Amerika Serikat yang membuat penemuan ini yakni Dr. Matthew Adams mengatakan bahwa mereka percaya bir digunakan dalam ritual penguburan kerajaan untuk raja-raja di masa awal Mesir.

Pabrik ini dapat memproduksi 22.400 liter bir atau sekitar 59.000 galon pada saat itu. Produksinya dibagi menjadi delapan bagian yang masing-masing berisi 40 pot tanah liat yang digunakan untuk menghangatkan campuran gabah dan air.

Para pejabat Mesir sengaja memamerkan artefak yang baru ditemukan ini sebagai usaha menghidupkan kembali industri pariwisata Mesir yang saat ini terdampak COVID-19.

Industri pariwisata Mesir menerima pukulan hebat selama pandemi COVID-19. Jumlah wisatawan yang mengunjungi negara itu turun dari 13,1 juta pada 2019 menjadi 3,5 juta pada 2020.

Di samping itu International Monetary Fund (IMF) menurunkan perkiraan untuk pengeluaran pariwisata Mesir pada tahun fiskal 2020 dari USD 17,8 miliar menjadi USD 2,7 miliar.

Sebelumnya, Mesir berhasil menemukan dan memamerkan mumi yang memiliki lidah emas. Penemuan mumi dipimpin oleh Kathleen Martinez dari Universitas Santo Domingo di Republik Dominika.

Adanya mumi berusia 2.000 tahun yang berlidah emas ini diperkirakan karena dahulu orang yang meninggal diberi jimat kertas berbentuk lidah. Kepercayaan kala itu mengatakan bahwa mereka bisa berbicara di hadapan pengadilan dewa Osiris di akhirat.



Simak Video "Upaya Mesir Wujudkan Pembentukan Negara Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA